Ternyata Semudah ini Cara Membuat Tempe Sendiri

Komentar
Ternyata Semudah ini Cara Membuat Tempe Sendiri
Image Source: masbroo.com

Bagaimana cara membuat tempe? Tempe, siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional yang bahan utamanya adalah kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan salah satu bahan yang memiliki gizi yang tinggi. Tempe merupakan makanan tradisional yang bahan utamanya kacang kedelai. Walaupun makanan tradisional, tapi tempe ini adalah makanan yang sangat menyehatkan.

Beragam keunggulan mengonsumsi tempe antara lain mampu mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan penyakit lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana sih cara membuat tempe, simak terus ya artikel ini.

Cara membuat tempe sederhana memang bisa dibilang sudah ada sejak zaman dahulu kala, karena memang tempe sangat terkenal dikalangan masyarakat. Hasil pencarian untuk cara membuat tempe homemade terdapat 1.843 resep masakan rumahan yang mudah dan enak. Lihat juga resep kering tempe simple enak lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan membagikan cara membuat tempe sendiri cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah. Bahan dan alat yang diperlukan pun tidak terlalu rumit untuk ditemukan di pasaran.

Baca Juga :

Cara membuat tempe sendiri di rumah

Alat dan bahan membuat tempe :

  • Baskom
  • Saringan
  • Dandang
  • Kipas angin
  • Sotel kayu
  • Tampah
  • Kompor
  • Kacang kedelai (sesuaikan kebutuhan Anda saja)
  • Ragi tempe
  • Daun pisang/kantong plastik

Langkah-langkah cara membuat tempe :

  1. Cuci bersih semua peralatan terlebih dahulu. Keringkan.
  2. Cuci bersih kacang kedelai.
  3. Rendamlah kacang kedelai kurang lebih selama 13-18 jam.
  4. Jika sudah lunak, kelupas kulitnya.
  5. Bilas menggunakan air.
  6. Rebus kembali biji kedelai yang sudah dibilas air tadi.
  7. Tiriskan pada tampah. Kipasi menggunakan kipas angin hingga tidak terlalu panas.
  8. Masukkan ragi tempe ke biji kedelai secara merata, aduk rata.
  9. Masukkan biji kedelai yang sudah diberi ragi pada daun pisang atau kantong plastik. Untuk tebal tipisnya sesuai dengan selera anda.
  10. Untuk mendapatkan tempe yang baik, waktu yang dibutuhkan untuk proses fermentasi adalah 2 hari dengan suhu kamar. Usahakan kacang kedelai anda sudah tertutupi jamurnya.
Bagaimana, cukup mudah bukan? Tahukah anda bahwa selain protein, ternyata tempe juga mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu kinerjanya lebih maksimal. Sehingga ibu-ibu dirumah bisa mencoba membuat tempe ini untuk hidangan makan.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara membuat tempe. Semoga bermanfaat.
Top