Resep Mango Sticky Rise Khas Thailand

Komentar
Resep Mango Sticky Rise Khas Thailand
Image Source: idntimes.com

Jika di Indonesia lebih familiar dengan sajian "Tansu" (ketan susu) atau ketan durian maka negara tetangga kita, Thailand, lebih dulu melejitkan sajian mango sticky rice.

Mango sticky rice atau disebut juga khao niao mamuang adalah salah satu hidangan penutup (dessert) yang terkenal dari negeri Gajah Putih (Thailand). Dan juga ango mango sticky rice menjadi salah satu hidangan yang banyak digandrungi karena bercita rasa manis yang unik.

Sangking terkenalnya, hasil pencarian di google untuk resep mangga sticky rice. Terdapat sekitar 662 varian resep mango sticky rice yang mudah dibuat dan tentu saja enak. Dan juga masih banyak lagi varian resep mango sticky rice yang enak lainnya!

Oleh karena itu, buat yang ingin mencoba cara baru menikmati mangga. Anda bisa membuatnya menjadi dessert ala Thailand, yaitu mango sticky rice ini loh!

Apalagi mango sticky rice ini sangat cocok dibuat saat musim mangga. Dan juag anda bisa dengan mudah pilih mangga yang matangnya pas dan memiliki tampilan bagus tanpa memar.

Namun, tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk menikmatinya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Yuk intip resep dan cara membuat mango sticky rice pada artikel ini.

Langsung saja simak berikut ini resep dan cara membuat mango sticky rice yang paling mudah untuk diikuti dan bisa anda coba langsung dirumah.

Baca Juga:

Berikut Ini Resep Mango Sticky Rice Thailand

Image Source: fimela.com

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan:

  • 200 gram ketan putih (cuci bersih, rendam dalam air selama 30 menit – 1 jam)
  • 1 1/2 liter air (secukupnya)
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 buah mangga thailand atau mangga apa saja
  • 1 liter santan kental
  • 100 gram gula pasir

Cara Membuatnya:

  1. Pertama kupas mangga, potong memanjang dan dinginkan dalam kulkas.
  2. Kemudian didihkan air. Masukkan ketan, garam, dan daun pandan. Aduk-aduk sampai air berkurang.
  3. Lalu kukus ketan. Masak hingga ketan matang. Sisihkan.
  4. Setelah itu, masukkan santan dan gula ke panci. didihkan di atas api kecil dan aduk hingga gula larut. Dinginkan.
  5. Terakhir sajikan ketan dan mangga dengan siraman santan.

Demikian penjelasan diatas tentang resep dan cara membuat mango sticky rice khas thailand. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Top