Resep Ketan Durian Lumer yang Lembut

 28 Mar 2019  Khoirul Rizky F
Resep Ketan Durian Lumer yang Lembut

Image Source: fimela.com

Ketika sedang musim durian. Begitu banyak sekali orang berjualan durian di pinggir jalan. Dan juga makanan berbahan durian selalu akan diburu oleh para penggemar buah yang lezat ini saat musim durian.

Makanan tersebut seperti pancake durian, es krim durian, dan tak ketinggalan yaitu ketan durian yang telah menjadi kuliner yang wajib dicoba bagi anda penggemar buah durian.

Gabungan dari manisnya durian dan gurihnya ketan akan menghasilkan paduan rasa yang nikmat. Apalagi jika disantapnya hangat-hangat disaat sedang hujan. Oleh karena itu, menjadikan ketan durian sebagai salah satu sajian yang cukup banyak disukai orang.

Sangking cukup banyaknya disukai orang, hasil pencarian di google untuk resep ketan durian. Terdapat sekitar 540 varian resep ketan durian sederhana yang mudah dibuat dan tentu saja enak.

Bahkan hasil pencarian untuk salah satu varian ketan durian. Seperti ketan durian lumer, terdapat kurang lebih 58 resep. Dan juga masih terdapat banyak lagi varian resep ketan durian enak lainnya!

Nah, bagi yang tertarik untuk mencoba sajian ketan durian ini. Anda tidak perlu membelinya, cukup dengan membuatnya dirumah. Karena sebenarnya resep dan cara membuat ketan durian yang nikmat itu cukup mudah.

Langsung saja berikut ini resep dan cara membuat ketan durian yang enak dan lezat. Yuk simak dibawah ini resep dan cara membuatnya yang bisa langsung anda praktikan dirumah.

Baca Juga:

Berikut Ini Resep Ketan Durian Lumer

Resep Ketan Durian Lumer yang Lembut
Image Source: cookpad.com

Bahan Ketan:

  • 250 gram beras ketan, rendam 1 jam
  • 250 cml santan encer
  • garam secukupnya
  • 3 lembar daun pandan

Bahan Kuah Durian:

  • 1 buah durian Thailand/lokal termasuk biji
  • 500 ml santan kental
  • 2 gelas air
  • 3 lembar daun pandan, cuci bersih, sobek sobek lalu diikat simpul
  • 1 sdt garam
  • 200 g gula pasir

Persiapan Ketan:

  1. Kukus beras ketan selama 15 menit lalu angkat. 
  2. Panaskan santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih lalu angkat dan tuangkan ke dalam beras ketan. 
  3. Aduk hingga santan terserap lalu kukus lagi hingga matang.

Cara Membuatnya:

  1. Rebus air, santan, gula, garam dan daun pandan sambil terus diaduk pelan pelan sampai mendidih dan santan terasa matang.
  2. Masukkan buah durian, aduk pelan sampai mendidih.
  3. Buang daun pandan.
  4. Siramkan ke atas ketan kukus.
  5. Sajikan hangat / dingin sesuai selera.

Demikian penjelasan diatas tentang resep dan cara membuat ketan durian yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!