7 Obat Sesak Nafas Alami yang Terbukti Ampuh

 22 Mar 2019  Wahyu Fajar
7 Obat Sesak Nafas Alami yang Terbukti Ampuh

Image Source: cloudinary.com

Banyak yang mengira kalau sesak nafas itu sudah pasti asma. Hal ini terjadi karena saluran pernafasan yang menyempit dan menghasilkan lebih banyak produksi dahak atau lendir, sehingga menyebabkan suara mengi pada pernapasan dan batuk akibatnya akan mengalami kesulitan bernafas.

Perlu ditekankan bahwa sebelum mengonsumsi obat sesak napas apapun, Anda perlu memastikan dahulu gejala penyakit sesak nafas Anda.

Gejala umum meliputi batuk, mengi, napas yang pendek, dan sesak di dada. Namun, beberapa pengobatan alami yang sederhana juga tersedia untuk mengatasi sesak nafas ini. Obat sesak nafas alami yang dikenal ampuh di bawah ini, dipercaya dapat digunakan sebagai teknik pengobatan alternatif, selain pengobatan kimia yang dikonsumsi.

Apa obat sesak nafas alami? Cara mengatasi sesak napas secara alami dan tanpa obat sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tetapi, langkah ini tidak bersifat mengobati hanya saja mengurangi efek sesak nafas yang diderita.

Maka akan lebih baik kalau mengetahui setiap obat sesak nafas alami yang ampuh agar tak perlu mengandalkan obat kimia. Di bawah akan dijelaskan secara singkat dan jelas.

Baca Juga:

7 Obat sesak nafas alami terbukti ampuh

1. Bawang putih 

Apa obat sesak nafas secara alami? Bawang putih adalah salah satu obat alami yang dipercaya untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk meringankan gejala asma, karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Meski demikian hingga kini belum terdapat penelitian klinis yang dapat membuktikan efektivitas bawang putih terhadap asma.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Selain untuk Pelengkap Bumbu Masakan

2. Jahe 

Jahe diduga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan, sehingga sering dihubungkan memiliki manfaat dalam meringankan gejala asma. Akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas jahe dalam menangani sesak karena asma.

3. Echinacea 

Echinacea dipercaya dapat mengobati infeksi saluran pernafasan atas. Terdapat efek samping dari penggunaannya pada beberapa orang, yaitu munculnya ruam kulit dan kerusakan hati, meskipun dikenal baik untuk menangani gangguan pernafasan, dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan bahan ini tidaklah efektif, dan justru mungkin memperburuk keluhan yang muncul.

4. Akar licorice 

Akar licorice memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang diduga mampu menenangkan paru-paru pada penderita asma. Namun, dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan licorice selain tidak efektif, justru memiliki kaitan dengan timbulnya efek samping, yakni, Anda dapat mengalami tekanan darah tinggi.

5. Kunyit 

Kunyit memiliki sifat anti-alergi dan sekaligus memiliki efek terhadap histamin yang dapat menyebabkan peradangan Meskipun diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang menghambat reaksi peradangan pada alergi, namun hingga kini belum ada penelitian yang dilakukan langsung pada manusia yang dapat membuktikan efektivitas kunyit sebagai penanganan efektif pada asma.

Baca Juga: Berikut Ini Fakta Menarik Tentang Manfaat Kunyit Bagi Tubuh

6. Madu 

Sebagai bahan yang digunakan untuk mengatasi batuk dan flu. Penderita asma dapat mencampurnya dengan air hangat untuk membantu mengatasi iritasi pada tenggorokan, Walaupun madu seringkali dijadikan bahan untuk berbagai penelitian, namun belum ada penelitian pada manusia yang dapat membuktikan kegunaan madu dalam menangani sesak nafas karena asma.

7. Omega 3 

Obat alami ini dipercaya sering digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Meski belum diketahui pengaruhnya secara pasti dalam menangani asma, namun omega 3 diyakini berfungsi mengurangi peradangan saluran nafas dan meningkatkan fungsi paru-paru, meski demikian penelitian yang ada masih sangat terbatas dan membutuhkan rangkaian penelitian jangka panjang yang lebih luas untuk dapat menemukan keberadaan manfaat dari omega 3 untuk meringankan sesak pada penderita asma.

Nah itulah obat sesak nafas alami yang ampuh. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai pilihan pengobatan alternatif tambahan yang membantu meringankan sesak nafas karena asma. Meski demikian, karena belum ada penelitian yang cukup, maka efek samping penggunaannya perlu diwaspadai. Anda disarankan untuk tidak menghentikan obat dari dokter maupun menggunakannya sebagai pengganti pengobatan medis, dan  segera mencari pertolongan medis jika mengalami sesak nafas yang disertai dengan nyeri dada, pingsan, atau mual.

Demikian apakah obat sesak nafas alami yang terbukti ampuh. Semoga bermanfaat.