5 Keutamaan Shalat Subuh, yang Jangan Sampai Ditinggalkan Sekalipun

 02 Feb 2019  Wahyu Fajar
5 Keutamaan Shalat Subuh, yang Jangan Sampai Ditinggalkan Sekalipun

Image Source: masshar2000.com

Keutamaan Shalat Subuh - Salah satu shalat yang berat dilaksanakan bagi sebagian besar kaum muslim, khususnya laki-laki adalah shalat subuh secara berjamaah. Padahal, bila melihat kepada keutamaannya, justru shalat subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan yang luar biasa, berikut ini sebagian keutamaan yang terdapat di dalamnya. Apa keutamaan sholat subuh berjamaah?

Allah Swt berfirman.

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا
“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Banyak kaum muslimin yang lalai dalam mengerjakan shalat subuh. Mereka lebih memilih melanjutkan tidurnya daripada bangun untuk melaksanakan shalat.  Jika kita melihat jumlah jama’ah yang shalat subuh di masjid, akan terasa berbeda dibandingkan dengan jumlah jama’ah pada waktu shalat lainnya.

Keutamaan Shalat Subuh

1. Terhindar dari siksaan api neraka

Apa saja manfaat sholat subuh? Keselamatan dari siksa neraka berarti berita gembira tentang masuk surga. Ganjaran ini tentunya berlaku bagi yang melaksanakan shalat subuh secara sempurna (berjamaah). Nabi Muhammad Saw bersabda.

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

2. Berada dalam jaminan Allah Swt

Artinya, orang yang melaksanakan shalat subuh dengan sempurna, antara lain dengan melaksanakannya berjamaah, maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah Swt. Dengan begitu, siapa yang berada dalam perlindungan Allah, orang itu tidak boleh disakiti. Orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab yang pedih, sebab dia telah melanggar perlindungan yang Allah berikan. Rasulullah Saw bersabda.

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

3. Dihitung seperti shalat semalam penuh

Pahala melakukan shalat malam sepenuh waktu malam ternyata bisa kita dapatkan dengan melakukan shalat subuh secara berjamaah. Rasulullah Saw bersabda.

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

4. Disaksikan malaikat

Dalam Hadits keutamaan shalat subuh yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda.

يتعاقبون فيكم ملائكةٌ بالليل وملائكةٌ بالنهار، ويجتمعون ف ي صلاة الفجر وصلاة العصر، ثم يعرُجُ الذين باتوا فيكم، فيسألهم ربُّهم – وهو أعلم بهم: كيف تركتم عبادي؟ فيقولون: تركناهم وهم يصلُّون، وأتيناهم وهم يصلون.

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat subuh dan shalat ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan? Para malaikat menjawab, "Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat." (HR. Bukhari-Muslim)

5. Salah satu penyebab masuk surga

Apa itu keutamaan shalat subuh? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Ancaman bagi yang meninggalkan shalat subuh

Apa keutamaan shalat isya dan subuh? Melihat penjelasan tadi, banyak sekali keutamaan yang bisa didapat apabila mengerjakan shalat subuh. Tidak takutkah dikatakan sebagai orang munafik akibat tidak mengerjakan shalat subuh? Sebagian besar ketika waktu subuh tiba banyak yang masih tidur sehingga mereka melupakan ibadah shalat subuh. Nabi Muhammad Saw bersabda.

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Ancaman tersebut memberikan petunjuk bahwa shalat subuh dan shalat isya memiliki keutamaan yang sangat besar salah satunya dikatakan sebagai orang munafik.

Demikian penjelasan tentang apa keutamaan sholat subuh berjamaah? Semoga Allah selalu memberi hidayah kepada kita semua. Wallahu'alam.

KOMENTAR