Doa Shalat Taubat Beserta Terjemahan dan Waktu Paling Tepat Melaksanakannya

 21 Feb 2019  Wahyu Fajar
Doa Shalat Taubat Beserta Terjemahan dan Waktu Paling Tepat Melaksanakannya

Image Source: humanresourcesonline.net

Setiap manusia didunia ini pasti pernah melakukan perbuatan yang menyimpang dan hal tersebut berkaitan dengan dosa. Hal ini yang mendorong manusia untuk bertaubat dengan cara yang diridhai Allah Swt. Cara yang diridhai Allah salah satunya adalah dengan shalat taubat nasuha. Apa itu shalat taubat?

Shalat taubat adalah shalat sunnah yang dilakukan dengan 2 rakaat dengan memohon ampunan dari Allah Swt atas semua kesalahan yang pernah diperbuat. Ketika sudah mengerjakan shalat taubat nasuha dengan benar, maka setiap orang muslim seharusnya tidak mungkin mengulangi kembali perbuatan maksiat atau dosa yang telah lalu.

Perintah menjalankan shalat taubat terdapat dalam Al-Qur'an surat At-Tahrim ayat 8 yang berbunyi,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴿٨

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

Dari pengertian diatas dijelaskan bahwa sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah, tapi jika orang tersebut berbuat kesalahan sebaiknya segeralah bertaubat kepadaNya.  Apa bacaan doa shalat taubat nasuha?

Niat shalat taubat

Doa Shalat Taubat Beserta Terjemahan dan Waktu Paling Tepat Melaksanakannya

Image Source: pintusurgaallah.blogspot.com

Niat diatas dibaca sebelum melakukan tabiratul ihram. Fungsi dari melafadzkan niat adalah agar hati lebih mantap dan khusyu’, karena jika tidak dilafadzkan menyebabkan kurang fokus dalam berniat. Namun bukan berarti menuduh yang tidak melafadzkan niat itu buruk.

Baca Juga:

Bacaan doa shalat taubat

Doa Shalat Taubat Beserta Terjemahan dan Waktu Paling Tepat Melaksanakannya

Image Source: elizato.com

Arti bacaan doa sholat taubat

” Ya Allah yang maha agung, tiada Tuhan yang berhak di sembah selain Allah, Dzat yang maha hidup kekal abadi dan secara terus menerus mengurus makhluknya tanpa pernah berhenti. Aku bertaubat kepada Allah, mengakui segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah ku perbuat. Terimalah taubatnya hamba yang dzolim ini, yang tidak memiliki kuasa atas dirinya sendiri untuk berbuat mudharat atau memberi manfaat, untuk mati, hidup atau bangkit nanti.”
Bacaan doa shalat taubat nasuha diatas dibaca sebanyak-banyaknya dengan menyesali semua kesalahannya dan bertekad tidak akan mengulangi perbuatan dosa yang telah diperbuat.

Bacaan doa shalat taubat sudah sangat mewakili dari perasaan tersebut. Namun cara bertaubat bukankah hanya sekedar membacanya saja, namun juga dari meresapi perasaan hati yang mendalam.

Setelah membaca bacaan doa sholat taubat diatas, bacalah doa sayyidul istighfar. Doa sayyidul istighfar merupakan induknya bacaan istighfar yang memiliki banyak sekali keutamaan dan keagungan.

Bacaan doa sayyidul istighfar

Doa Shalat Taubat Beserta Terjemahan dan Waktu Paling Tepat Melaksanakannya

Image Source: elizato.com

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan yang berhak untuk disembah dengan benar kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi ketentuan dan perjanjian-Mu, dan janji-Mu sebisa mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan amal perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah diriku. Karena tiada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau."

Bacalah bacaan doa sholat taubat nasuha sayyidul istighfar secara berulang-ulang dengan khusyu’ dan penuh dengan rasa penyesalan. Dengan harapan memohon ampunan kepada Allah, serta tidak putus asa dan yakin bahwa Allah pasti akan mengampuni hambanya yang bertaubat.

Waktu shalat taubat

Dalam melaksanakan shalat taubat bisa dilakukan kapan saja, siang atau malam. Tetapi, waktu shalat taubat adalah segera mungkin setelah sadar bahwa ada kesalahan atau dosa yang diperbuat, baik disengaja atau tidak.

Hal ini sesuai berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar As-Shiddiq:

“Tidaklah seorang hamba melakukan suatu dosa, kemudian ia bersuci dengan baik dan berdiri melakukan shalat dua rakaat, lalu memohon ampun kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau (Abu Bakar) membaca ayat: “Dan orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri mereka ingat Allah, kemudian memohon ampunan atas dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak melanjutkan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.[QS. Ali Imron: 135]” (HR. Tirmidzi no. 406, Abu Daud no. 1521, Ibnu Majah no. 1395.
Demikian bacaan doa shalat sunnah taubat. Semoga dapat bermanfaat.

KOMENTAR