Lengkap!! Ternyata Seperti Ini Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan & Kecantikan

Komentar
manfaat susu kedelai
Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan & Kecantikan (fimela.com)

Masih jarang wanita yang tahu.

Ternyata manfaat susu kedelai tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk diet, kecantikan dan masih banyak lagi loh.

Tapi, mengkonsumsinya tak boleh asal juga ya....

Kedelai bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Di Indonesia, olahan kedelai yang paling populer adalah tempe dan tahu. Menurut ahli nutrisi, kedua makanan tersebut dianggap sebagai makanan super yang kaya akan nutrisi.

Namun tahukah Anda? Olahan kedelai yang berbentuk susu kedelai belakangan ini banyak diperbincangkan, terutama di antara vegetarian.

Kenapa? Ternyata, susu kedelai merupakan salah satu minuman sehat yang penuh gizi tak kalah dengan tahu dan tempe.

Bahkan, susu kedelai kaya asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, manfaat susu kedelai benar-benar bisa dirasakan. Selain itu, banyak yang mengambil manfaat susu kedelai karena minuman tersebut menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein.

Manfaat susu kedelai tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk diet, kecantikan, ibu hamil, anak dan masih banyak lagi. Banyak penelitian sudah memberi bukti manfaat susu kedelai untuk wanita sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Memang, susu kedelai kerap dikonsumsi oleh mereka yang memiliki alergi pada susu sapi. Namun mengingat manfaat susu kedelai yang berlimpah, sebenarnya susu kedelai dapat dikonsumsi siapa saja, tentunya dengan takaran yang ideal.

Nah, kali ini kami akan mengulas berbagai manfaat susu kedelai untuk kesehatan, kecantikan, dan diet yang dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Source: Gadini

1. Kesehatan jantung

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan yang pertama adalah untuk kesehatan jantung.

Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Didapatkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mengurangi gejala post-menopause

Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

Sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone adalah komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuhpada wanita pada periode ini.

3. Mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedelai lainnya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita post menopause.

Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita pada usia menopause. Kurangnya kalsium dapat meningkatkan terjadinya penyakit tersebut.

4. Anti karsinogenik

Konsumsi susu kedelai memiliki keuntungan menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Hasil dari beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko terjadinya kanker prostat.

Selain itu, kanker payudara yang turut berhubungan dengan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan konsumsi susu kedelai.

5. Anti oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek anti oksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh.

Kerusakan sel sebagai hasil stress oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Pada manusia, isoflavone ditemukan dapat mencegah oksidasi LDL dan menghambat kerusakan DNA. Sistem imun sendiri dipercaya dapat membuat pertahanan untuk melawan penyakit karena penuaan.

Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang berhubungan dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavone dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut dan menghambat kerusakan oksidatif DNA pada wanita setelah menopause.

6. Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol

Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak.

Hal ini turut mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolestrol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

7. Melancarkan pencernaan

Susu kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu kedelai ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya.

Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Minum Susu Kedelai Saat Hamil Menyehatkan Janin? Inilah yang Dialami Si Janin Ketika Ibu Mengkonsumsinya, Ibu Wajib Tahu!


Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit dan Kecantikan


Source: kata.co.id

Tidak hanya kesehatan, manfaat susu kedelai juga untuk kulit dan kecantikan.

1. Manfaat susu kedelai untuk kulit

Manfaat susu kedelai untuk kecantikan yang pertama adalah melembapkan kulit. Dari dalam, susu kedelai mampu membuat tubuh tidak mudah dehidrasi yang jadi pemicu kulit kering, serta mengurangi minyak berlebih di wajah.

2. Mengurangi tanda penuaan dini

Manfaat susu kedelai untuk kulit lainnya adalah mengurangi tanda penuaan. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk tubuh, sehingga keriput dan garis halus cepat memudar.

Selain itu, susu kedelai juga mengandung vitamin E, vitamin B, vitamin C, beta-karoten, chromium, selenium, kalsium, tembaga, magnesium, dan juga isoflavon yang sangat baik untuk menjaga penampilan terlihat lebih awet muda.

3. Membuat rambut berkilau

Susu kedelai mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, kalsium, zat besi, kalsium, serta vitamin B. Semua manfaat susu kedelai ini sangat baik untuk rambut.

Semua nutrisi di atas tadi juga cocok untuk rambut Anda yang rontok karena asupan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B sangat tepat dikonsumsi mereka yang rambutnya rontok.

4. Menghilangkan flek hitam wajah

Bintik hitam atau sering disebut dengan flek hitam terjadi karena penuaan dini, tidak menjaga kebersihan kulit dan terlalu sering terkena sinar matahari.

Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin yang akan secara perlahan membuat noda hitam di area wajah semakin berkurang.

5. Mengatasi kulit berminyak

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kecantikan adalah mengatasi masalah kulit berminyak. Salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan adalah minyak berlebih di area wajah. Ini menyebabkan tampilan wajah terlihat kusam dan tidak sehat.

Mengonsumsi susu kedelai secara rutin akan sangat membantu produksi kolagen sekaligus melakukan perbaikan terhadap serat elastin. Dengan ini, kadar minyak berlebih di area wajah bisa berkurang drastis dan kulit tidak terlihat kusam.

Manfaat susu kedelai untuk diet


Source: dream.co.id

Sudah jadi rahasia umum bahwa salah satu manfaat susu kedelai adalah untuk diet atau menurunkan berat badan.

Sebenarnya, tidak serta merta ketika mengonsumsi susu kedelai lalu berat badan turun. Namun hanya mengganti konsumsi susu hewani dengan susu kedelai yang memiliki manfaat untuk mereka yang melakukan diet.

1. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat susu kedelai lainnya adalah jumlah kalori yang kecil dibanding susu sapi. Dengan ini, susu kedelai cocok untuk diet dan mereka yang bergaya hidup vegetarian.

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu ini dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga berat badan bisa terjaga.

2. Mengurangi asupan kalori

Dalam 1 cangkir susu kedelai mengandung sampai 8 gram protein, 4.5 gram lemak serta 12 gram karbohidrat. Ini membuktikan jika manfaat susu kedelai hampir serupa dengan susu sapi tetapi dengan kadar kalori lebih sedikit. Ini sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet kamu.

3. Penyerapan lemak yang lebih baik

Manfaat susu kedelai untuk diet lainnya adalah soal penyerapan lemak. Asam lemak dalam susu kedelai bisa membantu pencernaan untuk menyerap lemak.

Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif. Selain itu, manfaat susu kedelai untuk diet bisa maksimal kita dapat karena konsumsi susu kedelai membuat kita kenyang lebih lama.

Risiko Mengonsumsi Susu Kedelai


Source: tribunnews.com

Di samping memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi produk kedelai memiliki risiko seperti berikut.

  • Konsumsi kedelai sebanyak 30 gram saja per hari selama sebulan diduga dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi tiroid pada orang
  • Senyawa isoflavon dalam kedelai diduga berkaitan dengan menurunnya jumlah sperma. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenaran dari dugaan tersebut.
  • Susu kedelai belum tentu cocok sebagai alternatif pengganti susu sapi bagi bayi yang alergi. Dengan demikian, sebelum memutuskan untuk memberikan susu berbahan kedelai pada anak, diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Kedelai mengandung fitoestrogen yang secara alami dihasilkan oleh tanaman. Untuk sebagian orang, senyawa kimia ini dapat berdampak negatif pada tubuh. Tubuh secara alami memproduksi hormon estrogen, sementara fitoestrogen hampir sama dengan hormon estrogen. Mengonsumsi susu kedelai dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan naiknya kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Sebenarnya kedelai seperti juga makanan lainnya, tidak menimbulkan masalah selama dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Konsumsi susu kedelai dalam jumlah yang cukup dapat bermanfaat bagi tubuh.

Konsumsi sebanyak 10 mg kedelai per hari dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara hingga 25%. Hal ini karena kedelai mengandung antioksidan berupa zat genistein yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Konsumsi kedelai dalam bentuk apa pun, perlu diimbangi dengan sejumlah buah dan sayuran, biji-bijian utuh, dan produk protein lainnya. Hal ini karena tubuh membutuhkan beragam jenis makanan, jadi jangan hanya terpaku pada manfaat susu kedelai untuk tubuh, tapi konsumsi juga berbagai jenis makanan dan minuman lain agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.
Top