11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah, Lengkap Beserta Cara Penggunaannya

 30 Jan 2019  Cheryl mikayla
11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah, Lengkap Beserta Cara Penggunaannya

11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah (sumber foto: manaberita.com)

Banyak orang sudah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, hal itu sudah merupakan rahasia umum.

Namun tidak hanya untuk kesehatan, ternyata minyak zaitun juga mempunyai banyak manfaat utuk kecantikan.

Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun di wilayah Mediterania.

Selain sebagai obat, banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan, bahkan sejak zaman Romawi Kuno.

Minyak zaitun telah digunakan dalam berbagai keperluan, seperti obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, juga kosmetik.

Minyak zaitun juga dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan lip gloss untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak, misalnya pada siku dan tumit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk membantu penyembuhan kulit setelah terkena luka bakar ringan, sebagai pelembap, dan mampu mencegah berkembangnya kanker kulit.

Dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen dari angka kecukupan gizi harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Tak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Itu mengapa, polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Minyak zaitun juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak.

Nah, kali ini kami akan membahas khusus tentang manfaat minyak zaiutun untuk perawatan kulit dan kecantikan. Apa manfaat minyak zaitun untuk wajahmanfaat minyak zaitun untuk wajah bekas jerawat dll.

Penasaran dengan apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan? Simak saja langsung  ulasannya di bawah ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan

11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah, Lengkap Beserta Cara Penggunaannya

Sumber Gambar: Inside Outer Beauty

1. Menghilangkan bibir hitam

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

2. Memerahkan bibir

Selain menghilangkan bibir hitam minyak zaitun juga dapat Anda gunakan agar warna merah alami bibir Anda perlahan-lahan nampak.

3. Menebalkan alis

Dilansir dari merdeka.com, selain untuk rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis.

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut.

Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Caranya :

  • Oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur
  • Biarkan semalaman
  • Lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka

4. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja Anda aplikasikan pada bulu mata agar bagi Anda, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

Untuk cara penggunaannya, sama dengan menebalkan bulu alis.

5. Mengencangkan kulit wajah

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini.

Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Caranya :

  • Siapkan 1 sdm minyak zaitun
  • Campur dengan 1 sdt madu
  • Gunakan sebagai masker wajah

6. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain mengencangkan wajah, zat linoleic juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan Anda.

7. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker.

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda.

Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

Caranya adalah :

  • Haluskan buah pepaya
  • Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat

8. Memutihkan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang terakhir adalah untuk memutihkan wajah. Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Anda tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih, cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, Anda akan mendapatkan wajah cerah yang Anda inginkan secara natural.

9. Menghapus make up

Anda kehabisan pembersih make up? Tidak perlu panik, Anda bisa menggantikan keberadaan pembersih make up dengan minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang merupakan rahasia umum, oleh karena itu banyak produk cleansing oil (minyak pembersih) yang terbuat dari minyak-minyak alami salah satunya adalah minyak zaitun.

Bahkan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih make up, Anda juga mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas.

10. Mengatasi kulit kering

Selain diaplikasikan pada wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada seluruh badan Anda karena manfaat minyak zaitun yang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion.

Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, maka Anda akan memiliki kulit yang tidak kering serta tidak perlu takut terhadap serangan radikal bebas karena manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan bahkan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

11. Menyembuhkan jerawat

Wajah anda berjerawat? Anda bisa juga memanfaatkan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat adalah :

Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

Antioksidan nya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi.

Kandungan antibakteri nya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Sifat anti-inflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Sifat non-comedogenic nya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

Berikut cara mengaplikasikan manfaat minyak zaitun untuk jerawat :

  • Ambil 1 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah Anda yang terkena jerawat
  • Pijit wajah dengan lembut dan perlahan
  • Pijit dengan tekanan yang cukup
  • Lakukan selama 4 - 5 menit
  • Biarkan selama 15 - 20 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat
  • Ulangi pijitan tersebut selama beberapa kali
  • Lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya

Baca Juga: 6 Bahaya dari Minyak Zaitun Jika Salah Dalam Pemakaiannya

Tips Memilih Minyak Zaitun yang Bagus Untuk Kulit Wajah

11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah, Lengkap Beserta Cara Penggunaannya

Sumber gambar: hellosehat.com

Dilansir dari hellosehat.com, untuk dapat mendapatkan semua manfaat minyak zaitun untuk wajah seperti yang sudah disebutkan di atas, tentu Anda memerlukan asupan minyak yang terbaik di kelasnya dan yang berkualitas tinggi.

Nah sebelum membeli, ada baiknya Anda pertimbangkan sejumlah hal di bawah ini dalam mencari minyak buah zaitun terbaik di pasaran.

1. Pilih minyak zaitun dengan label “extra virgin olive oil”

Extra virgin olive oil adalah jenis minyak zaitun kualitas yang paling baik. Pasalnya minyak zaitun jenis ini melewati sangat sedikit berbagai proses pengolahan pabrikan, bahkan mungkin tidak sama sekali jadi molekul rasa dan aromanya tetap utuh.

Extra virgin olive oil dihasilkan dari proses cold pressing satu kali ekstraksi buah zaitun. Berbanding terbalik dari proses pembuatan minyak zaitun biasa yang mengandalkan panas, cold pressing tak menggunakan suhu panas melainkan tekanan untuk memproses minyak tersebut.

Manfaat minyak zaitun extra virgin oil untuk wajah salah satunya ialah, proses ini tidak melibatkan panas dan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, kualitas minyaknya lebih murni, berkelas tinggi, dan mengandung antioksidan paling banyak dibandingkan dengan minyak zaitun jenis lainnya.

Agar tidak tertipu dengan produk palsu yang banyak beredar di pasaran, pastikan Anda memilih extra virgin olive oil yang memiliki aroma buah zaitun segar, cita rasa yang sedikit pahit, dan ketika Anda mencicipinya akan meninggalkan aftertaste pedas lada. Warna extra virgin olive oil juga tampak persis hijau zaitun, di mana cenderung lebih pekat dibanding minyak zaitun biasa.

Perlu diketahui bahwa istilah “extra virgin” tidak sama dengan artian “murni”. Justru, label “murni” pada botol minyak Anda menandakan bahwa produk tersebut berkualitas rendah karena sudah melalui proses penyulingan atau bahkan refinasi.

2. Organik lebih baik

Pastikan ada label organik dari USDA atau BPOM, yang menandakan bahwa setidaknya 95 persen minyak zaitun ini dibuat dari buah zaitun yang tumbuh alami tanpa penggunaan pestisida atau pupuk sintetik.

Jikapun produk pilihan Anda tidak mencantumkan label organik, jangan panik dulu. Pasalnya banyak produsen minyak buah zaitun kecil yang berkualitas tinggi tidak mampu membayar royalti sertifikat label organik dari pemerintah setempatnya.

Nah, untuk memastikannya, jangan ragu untuk menanyakan secara langsung pada penjual minyak zaitun yang akan Anda beli.

3. Tertera tanggal produksi dan kedaluwarsanya

Sama seperti ketika membeli makanan atau minuman, Anda juga harus jeli melihat masa kadaluwarsa minyak ini. Ya, minyak zaitun meski diolah secara alami juga punya tenggang masa pakai optimal.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mencari tahu kapan tepatnya minyak tersebut diproduksi dan kapan masa kedaluwarsanya berakhir. Biasanya keterangan tanggal diproduksi dan masa kadaluwarsa bisa Anda lihat di label informasi kemasan, di bawah botol, atau di dalam tutup minyak ini.

Namun perlu juga dipahami bahwa hanya karena minyak tersebut dikemas atau diproduksi di Italia, tidak berarti minyak itu berasal Italia. Minyak ini pada dasarnya bisa diproduksi dari mana saja di seluruh penjuru Mediterania - Tunisia, Spanyol, Yunani dan Turki dan didatangkan ke Italia hanya untuk dikemas.

Semakin lama jarak waktu antara panen dan masa pengolahan, akan semakin menurun kualitas akhirnya. Pastikan Anda tidak membeli produk yang berumur lebih dari dua tahun.

4. Kemasan menggunakan botol kaca berwarna gelap atau dalam kaleng

Agar Anda dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah secara optimal, maka pilihlah produk yang menggunakan botol kaca atau dalam kaleng.

Pasalnya, paparan cahaya dan panas dari luar akan merusak komposisi serta cita rasa yang terkandung dalam minyak zaitun. Oleh karena itu, hindari membeli minyak ini yang dikemas dalam botol kaca bening, apalagi botol plastik.

Sampai di rumah, simpan botol minyak zaitun Anda di dalam lemari gelap, tidak lembap, terlindungi dari sinar matahari, dan jauh dari kompor.

5. Lihat juga nama pabrik atau tempat panen pada kemasan

Biasanya minyak zaitun yang berkualitas akan melampirkan nama pabrik dan perkebunan tempat dibuatnya minyak ini pada label kemasan. Walaupun Anda bahkan tidak tahu cara mengeja perkebunan dan daerah asalnya, tidak masalah.

Dilansir dari Real Simple, Nicholas Coleman, spesialis minyak zaitun di Eataly, mengatakan bahwa pencantuman nama pabrik dan perkebunan di label kemasan merupakan jaminan tanda kualitas minyak zaitun.

Bahkan, akan lebih bagus lagi jika ada segel atau cap resmi yang menunjukkan bahwa minyak berasal dari suatu wilayah yang mengkhususkan diri dalam produksi minyak, seperti PDO (cap resmi European Union’s official Protected Designation of Origin) atau DOP (segel serupa dari Italia).

6. Cicip dan baui wanginya

Sebagian orang mungkin memilih membeli minyak zaitun impor karena dianggap lebih asli dan berkualitas baik. Namun, ada satu hal yang mungkin sering diabaikan, yaitu perjalanan minyak zaitun tersebut untuk sampai ke tangan Anda.

Padahal semakin panjang perjalanan yang dibutuhkan untuk minyak zaitun mencapai suatu tempat, semakin bertambah pula usianya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas minyak itu sendiri.

Nah, inilah mengapa banyak minyak impor yang memiliki rasa atau bau tengik. Jika Anda ini mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda, menelan sesendok makan minyak tengik tentu tidak akan memberikan banyak manfaat.

Yang ada, perubahan citarasa ini justru akan berdampak negatif pada tubuh karena membentuk radikal bebas dan kadar antioksidan tertentu (termasuk asam lemak dan vitamin B kompleks) juga ikut menguap.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan minyak ini ada baiknya cium bau dan cicipi rasanya ketika sudah sampai di rumah. Idealnya, minyak buah zaitun yang berkualitas baik tidak menghasilkan bau anyir atau rasa aneh yang tidak sedap — misalnya seperti bau kaos kaki basah atau selai kacang basi. Sebaliknya, bau dan rasa minyak zaitun yang baik itu seharusnya segar.

Untuk menghindari salah beli, sebaiknya pilih saja produk lokal (jika ada). Minyak buah zaitun lokal hanya memakan waktu sebentar dari waktu panen hingga distribusi yang akan menjamin kesegarannya sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda lebih optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

KOMENTAR