10 Manfaat Buah Markisa Sebagai Antioksidan Hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Komentar

Image Source: pixabay.com/@MissSuki

Markisa termasuk jenis buah yang memanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Buah ini punya rasa yang asam berpadu dengan manis sehingga memiliki sensasi menyegarkan.

Apalagi jika diminum dalam keadaan dingin pada siang hari. Apa manfaat buah markisa untuk kesehatan? Simak penjelasan tentang buah markisa beserta manfaatnya berikut ini.

Manfaat buah markisa untuk kesehatan

1. Mengandung banyak antioksidan

Apa manfaat makan buah markisa? Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

3. Mengurangi serangan asma

Apakah khasiat buah markisa? Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Karena markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Penelitian terbaru telah menunjukan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.

4. Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam buah markisa memiliki antioksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Jus markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori (97 kalori per 100 g), natrium, dan lemak. Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.

6. Membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran Anda. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Apa manfaat buah markisa bagi tubuh? Buah markisa mengandung flavonoid dan asam fenolat yang bermanfaat melindungi jantung. Buah markisa mampu mengendalikan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol jahat menyumbat arteri dan meningkatkan tekanan pada jantung.

8. Dapat mencegah anemia

Apa manfaat buah markisa? Kandungan zat besi yang ada di dalam buah markisa tak hanya berfungsi untuk kesehatan tulang namun juga untuk mencegah anemia. Zat besi yang terkandung dalam buah markisa dapat memperlancar pembentukan sel darah merah yang ada dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan sel darah merah cenderung akan mudah kelelahan ataupun sering merasakan pusing secara tiba-tiba. Oleh karenanya rajin mengkonsumsi buah markisa dapat mencegah kita dari anemia.

9. Mengatur tekanan darah

Masih berhubungan dengan darah, kali ini buah markisa juga dapat membantu kita dalam mengatur tekanan darah. Patut untuk diketahui, rutin mengkonsumsi satu buah markisa setiap hari dapat membantu kita untuk memenuhi seperempat dari kalium yang dibutuhkan manusia. Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia karena perannya sebagai vasodilator.

10. Menjaga kesehatan tulang

Apa manfaat buah markisa untuk ibu hamil? Buah markisa kaya akan mineral, seperti fosfor, besi, magnesium, dan tembaga. Mengkonsumsinya dapat meningkatkan kepadatan tulang akan mineral dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Tulang yang kuat dan sehat sangat penting untuk ibu hamil terutama saat mendekati waktu kelahiran. Mengonsumsi buah markisa juga membantu mencegah atau mengurangi gejala osteoporosis dan nyeri sendi.

Top