5 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan & Kecantikan + Cara Penggunaan

 29 Jan 2019  Cheryl mikayla
5 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan & Kecantikan + Cara Penggunaan

5 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan & Kecantikan + Cara Penggunaan (Sumber gambar: eokita.com)

Mulai sekarang jangan sia-siakan kulit pisang.

Ternyata, seperti ini manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan. Lengkap beserta cara penggunaannya.

Pisang memang menjadi salah satu buah yang paling difavoritkan oleh banyak orang. Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis.

Tak hanya itu, Buah yang banyak mengandung vitamin B6, B12, magnesium dan kalium, yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Selama ini kita hanya mengetahui segudang manfaat dari buah pisang, namun tahukah Anda ternyata kulit pisang juga memiliki segudang manfaat?

Tidak hanya mengandung vitamin C dan E. Kulit pisang mengandung kalium, seng, besi dan mangan yang tak kalah dari daging buahnya.

Nah bagi Anda yang penasaran apa gunanya kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan

5 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan & Kecantikan + Cara Penggunaan

Sumber foto: hippwee.com

1. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit pisang dan cara menggunakannya. Pasti sering dong mengalami masalah jerawat? Apalagi kalau Anda lagi stres, waduh jerawat bisa membeludak seenaknya di wajah kita. Yang tadinya sudah stres jadi makin stres mikirin gimana caranya mengatasi jerawat yang membeludak.

Dilansir dari IDNtimes, sekarang Anda tak usah bingung! Karena Anda bisa mengatasinya dengan kulit pisang.

Caranya mudah kok, tinggal mengaplikasikan kulit pisang pada kulit yang berjerawat selama 5 menit. Lakukan secara teratur selama seminggu untuk hasil yang optimal.

2. Menghambat dan mengurangi kerutan

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang ke-2 adalah mengurangi kerutan.

Semakin bertambahnya usia, akan ada kerutan yang muncul. Kerutan ini kadang membuat kurang percaya diri.

Namun, jangan khawatir! Sekarang Anda hanya perlu kulit pisang untuk mengurangi kerutan di wajah.

Caranya mudah, yaitu :

  • Siapkan kulit pisang
  • Ambil bagian dalam dari kulit pisang
  • Lalu tambahkan 1 sdt madu
  • Campurkan kedua bahan tersebut
  • Oleskan ke seluruh kulit wajah, terutama yang memiliki kerutan
  • Diamkan selama 15 menit
  • Setelah itu, bersihkan dengan handuk hangat.
  • Lakukan 3 kali seminggu, unruk hasil yang maksimal

3. Wajah menjadi berseri-seri

Manfaat kulit pisang buat wajah yang ke-3 adalah menjadikan wajah berseri.

Wajah berseri merupakan idaman setiap kaum hawa. Untuk itu, terkadang mereka rela menggunakan uangnya untuk perawatan di salon atau klinik kecantikan. Namun, sekarang tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk mendapatkan wajah berseri.

Cukup lakukan treatment menggunakan kulit pisang ini :

  • Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke seluruh wajah setiap sebelum tidur.
  • Diamkan semalaman.
  • Keesokan harinya, basuh dengan air hangat.

4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kulit pisang untuk flek hitam atau kulit mati.

Kulit Anda kusam? Mungkin terlalu banyak sel kulit mati yang belum terangkat. Untuk itu, atasi masalah kulit Anda dengan kulit pisang.

Caranya yaitu :

  • Haluskan kulit pisang
  • Selanjutnya, oleskan ke seluruh permukaan kulit
  • Diamkan selama 10-15 menit
  • Lalu, basuh dengan air bersih

5. Menghilangkan mata panda

Siapa nih yang punya mata panda? Hmm, mata panda atau kantung mata memang bikin wajah kita terkesan lesu dan jadi gak fresh. Untuk itu, atasi masalah mata panda yang Anda alami dengan kulit pisang.

Caranya yaitu :

  • Siapkan kulit pisang dan gel lidah buaya.
  • Ambil bagian dalam kulit pisang.
  • Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut.
  • Aduk hingga berbentuk seperti pasta.
  • Lalu, oleskan pada kantung mata.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu, bilas hingga bersih.
Nah, itu dia 5 manfaat kulit pisang untuk kecantikan. Sayang banget kan, kalau kulit pisang harus dibuang.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

5 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan & Kecantikan + Cara Penggunaan

Sumber foto; tribunnews.com

Selain kecantikan, kulit pisang juga sangat berguna untuk mengatasai masalah kesehatan. Seperti yang dilansir dari stylecraze.com, berikut 5 manfaat kulit pisang yang wajib Anda ketahui.

1. Memutihkan gigi

Manfaat kulit pisang untuk gigi-Gosok kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit sebelum Anda menyikat gigi seperti biasa.

Cara ini ternyata bekerje efektif untuk memutihkan gigi tanpa membuang dana yang berlebihan.

Baca Juga: Memang Kurang Menarik, Tapi Pisang dengan Bintik Hitam Baik untuk Kesehatan

2. Menghilangkan kutil

Kulit pisang juga mampu menghilangkan kutil yang mengganggu. Caranya sangat mudah, cukup aplikasikan di area yang terinfeksi kutil setiap malam.

3. Penghilang sakit

Aplikasikan kulit pisang langsung pada area yang terasa sakit. Diamkan selama 30 menit hingga rasa sakit hilang. Anda juga bisa mencampurkan kulit pisang dengan minyak sayur agar dapat bekerja lebih optimal.

4. Menyembuhkan Psoriasis

Kulit pisang bersifat melembapkan kulit sekaligus dapat mengurangi rasa gatal di kulit. Cara ini merupakan cara cepat untuk mengatasi psoriasis yang Anda alami.

5. Menyembuhkan gigitan serangga

Gosok kulit pisang pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Cara ini secara instan mampu menghilangkan rasa gatal dan kemerahan yang timbul di kulit.

Nah, itulah manfaat kulit pisang untuk kecantikan dan kesehatan. Mulai sekarang jangan lagi di buang-buang ya.

KOMENTAR