8 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

 18 Jan 2019  Wahyu Fajar
8 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Image Source: pixabay.com/bananas-fruit-fruits-carbohydrates-652497/

Pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia. Pisang tidak hanya lezat, tetapi juga sangat berguna untuk tubuh kita.

Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Apa saja manfaat buah pisang? Apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan?

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

1. Baik untuk pencernaan

Jika Anda pernah mengalami keracunan makanan, maka pisang merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah perut Anda. Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna. Kandungan kaliumnya dapat menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Apa manfaat buah pisang untuk ibu hamil? Buah pisang untuk ibu hamil yaitu dapat meringankan masalah morning sickness. Karena buah ini kaya terdapat kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan untuk mengurangi masalah mual dan muntah.

2. Menurunkan tekanan darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah. American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, manfaat pisang tidak akan bekerja secara efektif jika tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Selain dengan makan buah ini, Anda juga diharuskan untuk menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

3. Menurunkan risiko stroke

Hal ini berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa, wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

4. Meningkatkan stamina olahraga

Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Tetapi, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

5. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Apa saja manfaat buah pisang bagi pencernaan? Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan.

Buah ini merupakan antasida alami yang berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

6. Baik untuk kulit

Apa manfaat buah pisang untuk wajah? Buah ini mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering.

Cara membuat masker wajah dari buah pisang.

  • Pertama, pilihlah buah yang sudah matang atau lembek. 
  • Tumbuk hingga menjadi adonan pasta halus. 
  • Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama setidaknya 15 menit.
  • Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih. 
  • Untuk menambah kelembapan, Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

7. Sumber mangan yang baik

Meski jarang terdengar, mangan merupakan mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia. Mangan juga diperkirakan dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengalami osteoporosis.

8. Mengandung serat tinggi

Apa manfaat buah pisang bagi kesehatan? Kebutuhan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan menjaga pergerakan usus. Selain itu, serat juga penting untuk menjaga kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena menjaga agar Anda kenyang lebih lama.

Sekian artikel apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan? Untuk mendapatkan manfaat pisang yang telah disebutkan di atas, imbangilah dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan.

KOMENTAR