Doa Jika Kita Terkena Musibah Beserta Artinya

 29 Jan 2019  Wahyu Fajar
Doa Jika Kita Terkena Musibah Beserta Artinya

Image Source: islami.co

Doa Terkena Musibah - Musibah bisa datang kapan saja. Musibah yang dialami seseorang dapat tergolong ringan hingga berat. Musibah tersebut sebenarnya dari Allah SWT untuk menguji ketabahan seseorang.

Jika semua terlewati dari segala musibah, hidup seseorang akan dipenuhi keberkahan. Oleh sebab itu, seseorang dianjurkan bersabar saat menghadapi musibah dan tidak berputus asa. Di samping ini, dianjurkan untuk melantunkan bacaan doa saat terkena musibah.

Allah SWT berfirman dalam surat al-baqarah ayat 155

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya :

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (QS. Al-Baqarah: 155)  

Semua hal di atas merupakan bagian dari ujian Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya. Barangsiapa bersabar, maka Dia akan memberikan pahala baginya, dan barangsiapa berputus asa maka Dia akan menimpakan siksaan terhadapnya. Berikut ini adalah doa terkena musibah beserta artinya.

Doa terkena musibah

إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI RAJI‘UN. ALLAHUMMA AJIRNI FI MUSHIBATI WA AKHLIF LI KHAIRAN MINHA.

Artinya:

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.

Musibah bisa dimaknai dalam berbagai sudut pandang. Musibah dapat diartikan sebagai adzab, peringatan, ujian atau cobaan. Memahami musibah dari perspektif ini dapat menimbulkan introspeksi, yang mendorong manusia mengoreksi kekurangan-kekurangannya kemudian berusaha memperbaiki diri.

Doa untuk orang terkena musibah di atas memberi pesan tentang semua yang ada didunia ini seluruhnya dikembalikan kepada Allah sebagai pemilik sejati. Termasuk juga tentang ajaran bahwa segenap musibah tak ada yang sia-sia, bahkan bisa berpahala jika musibah mampu menyikapinya secara tepat. Bacaan doa ketika terkena musibah tersebut juga mengandung optimisme, ditandai dengan harapan kepada Tuhan akan karunia pengganti yang lebih baik.

Wallahu'alam...

KOMENTAR