5 Manfaat Buah Mengkudu yang Diremehkan Karena Baunya Menyengat

 24 Jan 2019  Khoirul Rizky F
5 Manfaat Buah Mengkudu yang Diremehkan Karena Baunya Menyengat

Image Source: pixabay.com

Buah Mengkudu - Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya buah mengkudu, alias buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Buah ini memang tidak enak rasanya dan mengeluarkan bau busuk yang sedikit tajam, sehingga lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus maupun suplemen makanan.

Meski penampilannya yang kurang menggoda selera, ternyata ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah diketahui sebelumnya.

Lalu apa saja manfaat buah mengkudu? Apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Keesehatan

5 Manfaat Buah Mengkudu yang Diremehkan Karena Baunya Menyengat

Image Source: pixabay.com

1. Dapat menurunkan demam

Dengan meminum jus mengkudu mempunyai khasiat untuk antivirus tubuh dan membantu menyingkirkan batuk, menurunkan demam, dan mengobati badan pegal linu.

2. Dapat melindungi dari risiko kerusakan akibat stroke

Dengan meminum jus mengkudu dapat membantu melindungi dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke.

3. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah mengkudu berikutnya untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Selain itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

4. Dapat menurunkan kolesterol

Apakah buah mengkudu bisa menurunkan kolesterol? Jawabannya benar. Karena dengan meminum 29 - 188 ml jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein kepadatan tinggi adalah bentuk kolesterol yang baik.

5. Dapat mencegah kanker

Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko Anda terhadap kanker. Buah mengkudu telah menunjukkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

Demikian penjelasan diatas apa manfaat dari buah mengkudu. Semoga bermanfaat!