5 Fakta Menteri Keuangan Sri Mulyani

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 21 Dec 2018

5 Fakta Menteri Keuangan Sri Mulyani
menteri keuangan via wartagas.com

Siapakah sosok Sri Mulyani yang disebut-sebut sebagai menteri keuangan? Inilah 5 fakta Sri Mulyani

Menteri keuangan merupakan menteri yang bertugas menyelenggarakan urusan di bidang keuangan dan kekayaan Negara dalam pemerintahan yaitu menyusun APBN, menyusun kebijakan fiskal serta menjaga stabilitas keuangan negara.

Menteri keuangan ibarat bendahara suatu Negara yang mengelola semua urusan keuangan di Negara tersebut.

Dari sekian banyak menteri yang mengalami pergantian, nama Sri Mulyani menjadi yang paling menghebohkan.

Sri Mulyani merupakan salah satu menteri yang sering menuai prestasi baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

Salah satu bukti terbaru dari prestasi yang diraih oleh Sri Mulyani adalah memenangkan penghargaan menteri keuangan terbaik dunia. Tak hanya sampai di situ, ia juga menjadi menteri asal Asia pertama yang meraih penghargaan ini.

Baca Juga : Kemenag Kembali Keluarkan Surat Edaran Soal Aturan Pengeras Suara Masjid dan Mushola

Hebat di Mata Dunia, Inilah fakta tentang Menteri Keuangan Sri Mulyani

5 Fakta Menteri Keuangan Sri Mulyani
ilustrasi menteri keuangan sri mulyani via bedaberita.com

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di acara World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Sri Mulyani tersebut dilakukan berdasarkan analisis yang panjang. Terlebih lembaga World Government Summit ‎ini diketahui memiliki reputasi yang sangat baik di dunia.

Di sisi lain, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan, hingga saat ini masih ada 18 emiten yang belum memenuhi aturan free float saham atau minimal saham beredar di publik sebesar 7,5%. Jumlah diluar ekspektasi BEI yang menargetkan aturan free float saham bisa dipenuhi akhir Juni 2016.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang Menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada tahun 2016.

Berikut beberapa fakta mengenai Menkeu Sri Mulyani yang dinobatkan sebagai Best Minister in the World Award yang kami lansir dari okezone.com :

1. Menteri Perempuan Pertama Penerima Best Minister in the World Award

Penghargaan yang diterima Sri Mulyani termasuk penerima dan perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan bergengsi ini di level Asia. Melalui prestasi ini menguatkan kemampuan sumber daya Indonesia yang berdaya saing kuat secara global.

Tidak hanya itu, selain mendapatkan penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia, dia juga pernah mendapatkan sederet penghargaan lain, di antaranya sebagai Menkeu terbaik di Asia 2017 versi Majalah Finance Asia.

2. Pintar Mengelola Keuangan Negara

Sri Mulyani beserta 78.164 jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. Menurut dia, berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kemenkeu, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

3. Pencapaian Ketika Menjadi Menteri Keuangan

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani sudah membuahkan banyak hasil untuk menjaga dan mengelola keuangan negara.

Menurut Ekonom Indef Bhima Yudhistira, ada beberapa capaian yang patut diapresiasi, seperti soal reformasi birokrasi di Kemenkeu yang bisa direalisasi hingga sekarang. Menurut dia, reformasi birokrasi ini mendukung tercapainya kelembagaan Kemenkeu yang lebih transparan dan bersih.

Lalu, kemampuan menjaga defisit anggaran di bawah 3% meskipun defisit anggaran cenderung naik karena pembiayaan infrastruktur, dengan ketegasannya dia mampu menyelamatkan APBN 2017.

Ketiga, Sri Mulyani juga menambah terus dana kelolaan pendidikan di Lembaga Dana Pengelola Pendidikan (LPDP) yang nilainya mencapai Rp31 triliun dan 17.000 lebih orang menjadi penerima beasiswa.

4. Realistis

Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno juga mengapresiasi penghargaan terhadap Sri Mulyani sebagai menteri terbaik di dunia.

Dia menilai bahwa semua kebijakan yang dikeluarkan oleh Sri Mulyani lebih realistis. “Beliau sudah melakukan langkah yang berani, segala kebijakannya ingin memberikan kepastian usaha di Tanah Air” ujarnya.

Pasalnya saat ini kondisi ekonomi nasional telah mencapai fase normalitas baru. Untuk itu dibutuhkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2019-2024 yang juga harus lebih realistis. “Namun kita jangan sampai terlena, tapi tetap kita apresiasi. Jadi jangan terbuai oleh pujian dan jangan menyerah oleh kesulitan,”  tegasnya.

5. Berani

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh WGS. Forum ini menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan.

Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno, menyampaikan beberapa alasan lembaga independen Ernst & Young memilih Sri Mulyani sebagai menteri terbaik di dunia karena langkah maupun kebijakannya yang dinilai cukup berani.

Hal tersebut juga memberikan kepastian usaha dan konsistensi dalam segala kebijakannya. “Beliau sudah melakukan langkah yang berani, segala kebijakannya ingin memberikan kepastian usaha di Tanah Air” tambahnya.

Baca Juga : Beredar Surat Kemenpora Minta Roy Suryo Kembalikan Aset Negara, Netizen Heboh!

Nah, itulah informasi tentang 5 fakta menteri keuangan Sri Mulyani yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kita semua dalam melakukan suatu usaha yang terbaik.
SHARE ARTIKEL