Viral 4 Matahari Muncul di Kepulauan Riau, Begini Penjelasan Ilmiahnya!

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 11 Oct 2018
Viral 4 Matahari Muncul di Kepulauan Riau, Begini Penjelasan Ilmiahnya!
Gambar 4 matahari yang muncul di kepulauan Riau, diolah dari youtube.com

Mungkin anda bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi?

Sebuah video penampakan 4 matahari viral di media sosial, dan membuat bayak warga heboh.

Meski hal tersebut terbilang peristiwa langka, begini penjelasan ilmiahnya!

Peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Erma Yulihastin mengatakan fenomena matahari sebagaimana tergambar dalam video yang viral itu dinamakan sun dog.

Sun dog merupakan fenomena ketika matahari terlihat lebih dari satu. Namun, menurut Erma, bukan jumlah matahari yang bertambah, melainkan hanya pantulan sinar matahari.

Matahari seolah bertambah karena sinar matahari yang menerobos awan sirus, awan yang mengandung kristal es.

"Syarat pertama, pembentukan di musim kemarau ketika uap air sangat minim, kering, dan dingin. Kedua, harus ada awannya, awan sirus yang mengandung kristal es sehingga dia yang nantinya berfungsi sebagai restructor sinar matahari sehingga (matahari) bisa tampak menggandakan diri seperti itu," kata Erma, seperti dilansir dari detik.com, Kamis (11/10/2018).

Erma juga mengaku kaget melihat fenomena sun dog seperti terlihat dalam video. Sebab, dalam video tersebut jelas terlihat bahwa matahari tampak banyak.

"Sebenarnya, bentuknya juga nggak selalu persis seperti matahari juga, bisa seperti pancaran cahaya yang membaur, bisa juga nggak terlalu jelas mataharinya. Tapi yang beredar kan yang jelas banget, ya, itu mungkin karena posisi matahari itu rendah. Jadi memungkinkan untuk menggandakan diri, terlihat seperti itu," papar Erma.

Baca Juga:

Erma Yulihastin juga menyebut menyebut fenomena ini langka.

"Ini termasuk yang langka, ya. Langka bisa sejelas itu. Makanya masyarakat kelihatan di video itu kaget, heboh, karena mataharinya kelihatan banyak. Dan mereka belum tercerahkan tentang sun dog ini," kata Erna.

Erma mengatakan fenomena sun dog lebih sering terjadi di luar negeri, sebab awan di luar negri relatif lebih dingin daripada di Indonesia.

Berikut video penampakan 4 matahari yang viral tersebut:

SHARE ARTIKEL