Terkait Wilayah Jakarta yang Dekat Dengan Sumber Gempa, Ini Pesan BMKG!

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 11 Oct 2018
Terkait Wilayah Jakarta yang Dekat Dengan Sumber Gempa, Ini Pesan BMKG!
Gambar ilustrasi dilansir dari grid.id

Indonesia rawan gempa!

Setelah Donggala dan Palu, Kamis dinihari gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang Situbondo, Jawa Timur.

Terkait wilayah Jakarta yang dekat dengan sumber Gempa, BMKG meminta masyarakat tetap tenang.

Begini pesan lengkap BMKG!

Setelah Donggala dan Palu, gempa kini mengguncang Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis dinihari tadi dengan magnitudo 6,4.

Setidaknya bencana tersebut telah merenggut 3 nyawa warga di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengingatkan gempa bumi juga bisa menyasar wilayah Jakarta. Namun begitu, masyarakat diminta tetap tenang.

Memang Jakarta dekat sumber gempa, tapi potensi terjadi kapannya belum tahu. Masyarakat tidak perlu cemas,” jelas Rahmat di kantor BMKG, seperti dilansir dari liputan6.com, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, BMKG sudah menyiapkan langkah mitigasi bencana. Masyarakat juga harus diberikan bekal tentang pemahaman terhadap bencana alam.

Betapa pun BMKG bekerja 24 jam sehari, tetapi Pemda libur Sabtu dan Minggu, informasi jadinya kan tidak sampai ke masyarakat. Jadi, Pemda harus perkuat BPBD untuk selalu siap agar bisa evakuasi masyarakat yang terdampak,” ia melanjutkan.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa infrastruktur yang aman gempa juga harus dipersiapkan.

"Karena yang bahaya saat gempa bumi adalah bangunan yang jatuh, jadi masyarakat tidak perlu panik fokus kapan terjadi gempa di Jakarta karena kapan terjadinya kita tidak tahu,” ia mengakhiri.

Sementara itu, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly meminta masyarakat agar tidak percaya dengan ramalan-ramalan soal gempa. 

Terlebih, banyak beredar berita tidak benar alias hoaks terkait gempa yang akhir-akhir ini mengguncang sejumlah wilayah di Tanah Air. Salah satunya soal ramalan gempa.

"Kita kembali mengingatkan masyarakat agar tidak percaya ramalan gempa," kata Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly dalam konferensi pers mengenai gempa Situbondo, di kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Baca Juga:

Menurut dia, Indonesia unik. Kompleksnya seismik kerak bumi menyebabkan Tanah Air memang rawan gempa. Namun, masyarakat tidak perlu cemas.

"Tapi potensi terjadi kapannya belum tahu. Masyarakat tidak perlu cemas. Kita menyiapkan langkah mitigasi tetap. Bagaimana kita memiliki kepahaman dan menyiapkan infrastruktur yang aman gempa. Karena yang bahaya saat gempa adalah bangunan yang jatuh," tutur Muhamad Sadly.

Seperti yang diungkapkan Rahmat Triyono, Muhamad Sadly juga menghimbau masyarakat agar tidak perlu panik. Karena gempa di Jakarta tidak ada yang tahu kapan terjadi.
SHARE ARTIKEL