Banyak Hilang di Jaman Sekarang, Padahal Anak Butuh Ibu Idaman Seperti ini

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 02 Mar 2018
Banyak Hilang di Jaman Sekarang, Padahal Anak Butuh Ibu Idaman Seperti ini

Tahukah bahwa tidak semua ibu menjadi idaman bagi anak-anaknya? 

Apalagi dijaman sekarang ini, jika tidak bisa menjadi ibu yang baik ya sudah dibenci anak sendiri, anak dibilangan tidak mau malah ngambek, dinasehatin bentak-bentak, ibu dilawan, ya itu sebenarnya karena ibu juga besar kaitannya, dijaman sekarang anak ini butuh ibu yang idaman.

Menjadi ibu idaman untuk buah hati juga tak semudah yang dibayangkan, harus melewati semuanya, dari penuh perhatian, mendengarkan curhat anak, atau menjaga anak. Namun tak semua ibu menjadi ibu idaman bagi anak-anaknya, kenapa?

Misalnya karena terlalu galak, menggunakan kekerasan dalam perkataan maupun perbuatan, ataupun terlalu cuek terhadap anak.

Baca juga : Jangan Buang Tali Pusar Bayi Anda, ini Khasiat dan Manfaat Menyimpan Tali Pusar

Tapi ada pula ibu yang menjadi sosok idaman bagi anak-anaknya. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Perhatian Penuh Pada Anak

Ketika anak membutuhkannya, ibu senantiasa siap mendengarkan celoteh mereka dengan sepenuh hati. Bukankah hal ini sudah jarang kita temukan?

Saat ini TV dan hp tampaknya menjadi saingan utama anak-anak, karena begitu banyaknya ibu yang lebih fokus ke hp dan tayangan TV ketika anak minta diperhatikan olehnya.

2. Berinteraksi Dengan Anak

Yang disebut interaksi adalah adanya komunikasi dua arah. Banyak ibu yang sekadar menyuapi, memandikan, dan mengantar anak sekolah tanpa ada komunikasi sama sekali.

Cobalah review bagaimana interaksi kita dengan anak-anak. Apakah kita lebih banyak diam daripada bercanda dan bercerita dengan anak-anak?

3. Bahagia dan Tak Banyak Mengeluh

Ibu yang selalu terlihat muram serta mengeluh dan banyak komplain akan membuat anak enggan untuk menyukainya.

Sebaliknya, ibu dengan karakter bahagia dan ceria akan mudah disukai anak-anak.

Baca juga : Bongkar Kebiasaan 6 Bocah SD yang Perkosa Bocah 8 Tahun, di Teras Rumah

4. Sabar

Namanya juga anak-anak, tentu saja banyak tingkah polahnya, ibu yang bersabar biasanya bisa tetap tenang ketika anaknya melakukan kesalahan, dan bisa menasihati sang anak dengan baik.

Ada tipe ibu yang mudah main tangan, pukul atau cubit ketika anaknya berbuat kesalahan, tentunya hal ini menyakiti harga diri anak.

5. Gemar Bercerita

Ibu yang suka bercerita biasanya menjadi idaman anak-anak karena membuka cakrawala berpikir mereka. Apakah kita sudah menjadi ibu yang gemar bercerita?

6. Adil

Membagi sama rata bukanlah ciri-ciri adil, adil itu berarti mampu memberikan sesuai porsinya. Ada ibu yang menyamakan kebutuhan si kakak dengan si adik, padahal kebutuhan kakak bisa jadi lebih besar daripada si adik.

Ada pula ibu yang selalu memenangkan si anak laki daripada anak perempuan. Atau sebaliknya, ketidakadilan ini tentu menyakitkan untuk sang anak.

Baca juga : Bun, Jangan Dilarang Sepenuhnya Anak Pegang HP dan Tau Internet, Kerena Anak Bisa Jadi Gaptek

7. Mengenalkan Anak Pada Allah Dengan Kasih Sayang

Ada ibu yang mengenalkan Allah sebagai zat yang ‘menakutkan’, kalau tidak shalat akan dipanggang di neraka, kalau tidak pakai jilbab akan digantung rambutnya di atas api neraka, tentunya anak-anak menjadi takut pada Allah karena kesadisan cerita yang didengar dari sang ibu.

Namun ada pula Ibu yang mengenalkan Allah sebagai zat yang maha pengasih dan penyayang, “Kita bisa makan setiap hari karena rezeki dari Allah, kita bisa aman di rumah berlindung dari panas dan hujan karena rezeki dari Allah.”

Dengan demikian, anak mengetahui bahwa segala kebaikan yang ia nikmati adalah pemberian Allah.

Bagaimana, sudah berapa sifat ibu idaman yang kita miliki? Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Yuk sama-sama berbenah.
SHARE ARTIKEL