3 Hal Mudah, Namun Ternyata Sangat Sulit Dilakukan! Benar Bukan?

Penulis Unknown | Ditayangkan 04 Apr 2017

3 Hal Mudah, Namun Ternyata Sangat Sulit Dilakukan! Benar Bukan?

Mungkin jika ada sebuah pertanyaan, mengenai apakah yang sulit dikerjakan saat ujian matematika? Ada kalanya seseorang menjawab bahwa yang cukup sukar ialah mengerjakan rumus ini dan itu. Dalam kehidupan pun sama, kita bisa saja sulit untuk menhadapi sebuah hal yang dimana mulai dari hal kecil dari yang besar.

Baca juga : Karena Sok Kuat, Bagi Kami Perempuan, Itulah Jawaban dari Kemandirian!

Namun, ternyata ada beberapa hal yang bahkan sangat sering didengar dan diketahui oleh semua umat Muslim, tapi sangatlah sulit untuk dilakukan, serta seakan berat bagi yang diharuskan melakukannya. Apa sebenarnya hal tersebut? Ialah ikhlas tak berujung, sabar tak berbatas, serta syukur tak terkira.

Ikhlas tak berujung, Sabar, dan Syukur adalah kata-kata yang mudah diucapkan, tetapi sulit dilaksanakan. Apakah Anda juga merasakannya? Lantas bagaimana agar dapat menjalani tiga hal yang dirasakan sangat sulit oleh banyak manusia itu?

Ikhlas


Pernah seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, bagaimana caranya ikhlas tak berujung? Kemudian, nabi tidak tidak bisa menjawab, dan bertanya kepada malaikat Jibril. Namun malaikat Jibril tidak bisa juga menjawab, hingga nabi bertanya kepada malaikat Isrofil, tetapi malaikat Isrofil tidak bisa menjawab dan meminta nabi bertanya kepada Allah SWT. Kemudian Allah SWT menjawab, ikhlas adalah suatu rahasia dari rahasia-Ku yang Aku tempatkan di hati hamba-hamba-Ku yang Kucintai.“(HR. al-Qazwini).

Sabar


Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan shalat) sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar ” (Q.S. Al-Baqarah 153).

3 Hal Mudah, Namun Ternyata Sangat Sulit Dilakukan! Benar Bukan?

Baca juga : "Wahai Masalah, Aku Tak Lemah! Ini 2 Cara Mudahku untuk Menghancurkanmu!"

Syukur


Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7).

Beberapa hal yang cukup mudah kelihatannya, namun tak disangka hal-hal itu malah luar biasa sulit apabila tak dibarengi dengan ketulusan dan kerelaan hati yang sangat dalam.
SHARE ARTIKEL