Tidak Cuma Nasi, 5 Kudapan Lezat Ini Juga Bisa Kamu Bikin Dengan Rice Cooker

Komentar
Jaman dulu, untuk menanak nasi diperlukan waktu yang cukup lama dan proses yang lumayan ribet. Namun di jaman modern ini sudah ada cara cepatnya, yakni dengan rice cooker. Hanya tinggal masukan air, beras, pencet tombolnya dan tunggu beberapa menit, nasi langsung jadi.



BACA JUGA: Kalau Memang Terindah, Ngapain Kok Dijadikan Mantan?

Namun tahukah anda, jika ternyata rice cooker tak hanya dihunakan menanak nasi saja loh! Seperti 5 kudapan lezat ini juga bisa anda bikin hanya dnegan rice cooker, seperti yang dikutip dari hipwee.

1. Bikin Pasta Creamy



Langkah-langkah membuat pasta sama saja dengan saat kamu membuat mie instan. Rebus pasta secukupnya, tambahkan sedikit garam dan margarin supaya pasta tidak lengket. Tunggu sekitar 8 menit hingga pastamu al dente alias masak, tapi tak lembek. Untuk sausnya, beli saja saus pasta siap saji yang banyak tersedia di pasar swalayan. Membuat pasta tidak lagi repot, ‘kan?

2. Bosan Nasi putih? Coba nasi kuning atau nasi uduk


Kata siapa memasak nasi kuning, nasi uduk, dan nasi goreng itu ribet? Dengan bantuan rice cooker dan bumbu sachet instan, kamu bisa membuat masakan nasi tersebut hanya dalam beberapa langkah saja.

Pertama, cuci beras hingga bersih dan masaklah menggunakan rice cooker. Setelah mulai terlihat asap, cek tingkat kematangan nasimu. Jika airnya sudah mulai menyusut, masukkan bumbu instan sesuai pilihan, dan aduk hingga merata. Tutup kembali rice cooker-nya dan tunggu hingga nasi benar-benar sudah matang.

3. Jelly yummy dengan rice cooker


Memasak jelly dan agar-agar menggunakan rice cooker sebenarnya sama saja dengan menggunakan kompor. Pertama, campurkan bubuk jelly atau bubuk agar-agar dengan 3,5 gelas air ke dalam panci rice cooker. Tambahkan gula pasir sesuai selera, aduk hingga merata dan tak menggumpal. Kemudian, aktifkan mode “COOK” dan aduk terus larutan hingga mendidih.

Setelah mendidih, jangan langsung tuang larutan ke dalam cetakan; biarkan larutan untuk dingin sejenak. Jika sudah tidak terlalu banyak asap yang mengepul, tuangkan larutan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam kulkas supaya bisa cepat disantap.

4. Tak perlu panci, dengan rice cooker sop ayam lezat sudah jadi


Sup ayam juga merupakan salah satu makanan yang bisa kamu masak menggunakan rice cooker. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan minyak goreng untuk menumis, 1 siung bawang putih, 1 potong ayam goreng beli saja di warung , bumbu sup instan, kaldu ayam bubuk, serta wortel atau sayuran lain sesuai selera.

Langkah-langkah membuatnya:

Tuangkan minyak ke dalam panci, sedikit saja, dan tunggu hingga panas. Setelah itu, tumis hingga harum bawang putih yang telah dicacah halus.

Masukkan air secukupnya dan rebus bersama dengan wortel yang sudah dipotong bulat-bulat. Tambahkan bumbu sup instan dan kaldu ayam bubuk sesuai selera.

Sambil menunggu mendidih, suwirlah ayam goreng yang telah kamu sediakan sebelumnya. Suwiran ayam ini untuk menguatkan rasa ayam pada kuah sup.

Masukkan suwiran ayam tersebut dan masak hingga wortel sudah matang dengan pas.

5. Bikin pancake pakai rice cooker? Bisa!


Rice cooker juga bisa untuk membuat kue, lho! Panekuk atau pancake adalah salah satu contohnya. Untuk membuatnya pun kamu tidak perlu menyiapkan bahan dan alat yang begitu banyak, hanya perlu adonan pancake instan dan bahan-bahan penunjang yang telah dituliskan di boks adonan intsan tersebut. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata. Tidak perlu sampai benar-benar mengembang, yang penting semua sudah tercampur dengan baik.

Setelah semua tercampur, mulai proses memasak dengan mengaktifkan mode “COOK” dan tutup rice cooker dengan baik. Tunggu 40-45 menit dan siaplah mendapat kejutan seberapa besar pancake-mu kali ini.

Oiya, ada yang perlu diperhatikan. Buatlah adonan secukupnya dan jangan memenuhi panci rice cooker. Hal ini untuk menghindari adonan menempel pada tutup rice cooker saat mengembang.

Nah, tak sulit kan, selama ada rice cooker di rumah, taka da yang tidak mungkin. Semua bisa dimasak. Tertarik untuk mencoba?
Top