Tak Sadarkah? Ayo Bebaskan Keluarga dari Racun di Dalam Rumah Ini!

Penulis Unknown | Ditayangkan 15 Mar 2017
Tak Sadarkah? Ayo Bebaskan Keluarga dari Racun di Dalam Rumah Ini!

Rumah adalah sebuah tempat dimana seluruh aktifitas dimulai dan diakhiri. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dari mulai terbit fajar, hingga matahari terbit kembali. Oleh karena itulah, rumah menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Akan tetapi, ternyata rumah tak selamanya aman lho!

Baca juga : Panggilan +62282, Jangan Angkat, Uangmu Bakal Amblas! Benarkah?

Sebagian besar rumah bahkan dipenuhi dengan racun. Beberapa produk, seperti bahan pembersih, pemadam api dan pestisida, secara luas diketahui berbahaya bagi kesehatan kita. Tapi ada produk lainnya tidak kalah berbahaya. Berikut adalah empat item rumah tangga yang beracun.

1. Penyegar udara


Penyegar udara, baik itu dalam bentuk spritzes, semprotan, diffusers, gel atau plug-in, menjanjikan untuk menutupi bau dengan aroma yang tenang. Namun dalam banyak kasus, penyegar udara memberikan jauh dari yang mereka janjikan.

Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat, penyegar udara mengandung phthalates, yakni kelas bahan kimia yang terbukti menyebabkan kanker, keracunan hati, toksisitas ginjal dan masalah reproduksi pada hewan percobaan. Terlebih lagi, penyegar udara juga mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan senyawa organik volatil (VOC).

3. Philodendrons


Ternyata ada juga lho tanaman hias yang sangat dianjurkan untuk tidak ditanam di sekitar rumah. Inilah tanaman hias hangat yang sangat beracun bagi manusia dan hewan peliharaan. Bahkan, menelannya dapat menyebabkan terbakar, melepuh dan bengkak pada bibir, lidah dan tenggorokan; terbakar dan iritasi mata; bicara cadel; iritasi kulit, mual, muntah dan diare.

Menurut National Library of Medicine, bahan beracun di Philodendrons adalah kalsium oksalat, suatu senyawa kimia yang membentuk kristal seperti amplop, yang dikenal pada tanaman sebagai raphides. Senyawa ini juga ditemukan di Peace Lilies, Calla Lilies dan Elephant Ear, antara tanaman hias umum lainnya.

2. Vinyl


Siapa sih yang tak suka barang baru? Ada kepuasan tersendiri ketika menghirup sesuatu yang baru, baik itu mobil baru, lantai baru maupun sepatu baru. Sayangnya, yang bau 'baru' tersebut biasanya menandakan kehadiran Polyvinyl chloride (PVC), plastik berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

PVC (atau vinyl) umumnya ditemukan dalam barang-barang rumah tangga sehari-hari seperti mainan dan kasur yang ditiup, tirai dan tikar mandi, serta perlengkapan pipa dan lantai.

Karsinogen dan endokrin dikenal disruptor, PVC mengandung phthalates, memimpin dan senyawa lain yang dikenal mengganggu perkembangan anak dan menyebabkan kerusakan pada hati, pernafasan pusat dan sistem saraf.

Tak Sadarkah? Ayo Bebaskan Keluarga dari Racun di Dalam Rumah Ini!

Baca juga : Merasa Kesepian? Jauhi Media Sosial Jika Tak Ingin Seperti Ini!

4. Humidifier


Kebanyakan orang mengetahui manfaat kesehatan dari humidifier. Benda ini dikenal dapat menambah kelembaban ke udara untuk mengobati kekeringan dan iritasi kulit, tenggorokan hidung dan bibir. Selain itu, humidifier juga dipercaya dapat menangkal penyakit seperti flu.

Tapi, apa yang kebanyakan orang tidak tahu tentang humidifier adalah ini bisa menjadi sangat beracun dari waktu ke waktu. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), studi terbaru oleh EPA dan Komisi Keamanan Produk Konsume menunjukkan, humidifier kotor dapat membubarkan mikroorganisme dan mineral ke dalam ruangan udara.

Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan, terutama pada orang yang menderita asma dan alergi. Untungnya, perawatan yang tepat dan pembersihan dapat mencegah pertumbuhan dan emisi bakteri berbahaya tersebut.
SHARE ARTIKEL