Subhanallah, Inilah Desa Di Indonesia yang Sebanding Dengan Madinah Karena Ketenangannya

Penulis Penulis | Ditayangkan 01 Mar 2017


Subhanallah, Inilah Desa Di Indonesia yang Sebanding Dengan Madinah Karena Ketenangannya
SubhanAllaah ...
indah dan sejuknya desa ini.

keindahan dan kesejukan ini ada di desa temboro kecamatan karas kabupaten magetan jawa timur yang hampir semua warga perempuannya memakai niqob dan interaksi mereka dengan lawan jenis yang sangat terjaga.

Kehidupan sosial. Di tahun tujuh puluhan sudah terdengar kata kota santri.  Itu merujuk kepada kota Gresik, atau lebih spesifik kepada kecamatan Bungah.

Profil kota santri Gresik antara lain (i) ada pendidikan umum dan diniyah, (ii) ada pondok pesantren, (iii) penduduknya berbaju muslim (bersarung dan berpeci hitam), (iv) banyak pendatang dan (v) kehidupan ekonomi perdagangan menonjol.

Profil Kampung Madinah hampir sama dengan Gresik namun lebih bernuansa Madinah (atau Arab).  Keadaan ini berkembang sejak tahun 1998, seiring dengan berkembangnya program dakwah oleh pondok.

BACA JUGA: Untuk Di Renungkan, Satu Kelompok Dari 73 Golongan yang Selamat Itu Mungkin Bukan Aku

Seperti yang dilansir dari kompasiana.com/iwannugroho di Kampung Madinah Temboro, warga banyak menggunakan gamis dan berjilbab atau cadar (wanita), jubah (termasuk jubah pakistan) dan bertopi putih (pria).

Kehidupan sosial di Temboro juga sangat tenang, layaknya kota Madinah yang penulis rasakan saat berhaji.

Mengamati kehidupan pasar desa cukup ramai tetapi lembut.  Tukang kayu bekerja tenang, tidak ngoyo. Tukang-tukang bangunan bekerja sama dengan lembut tanpa banyak bicara.  Anak-anak sekolah bertingkah lembut tidak berisik.




Suasana desa terasa sejuk, tenang, kalem, sederhana dan syahdu. Suasana ini sungguh.. sangat merindukan. Suasana ini patut dicontoh bagi lingkungan perumahan, kantor, atau organisasi lainnya.
SHARE ARTIKEL