Inilah Mengapa Kita Malas Dengar Cerita Liburan Teman! Iya Kan?

Penulis Unknown | Ditayangkan 02 Mar 2017
Inilah Mengapa Kita Malas Dengar Cerita Liburan Teman! Iya Kan?

Dikarenakan kesibukan sehari-hari, maka sangatlah wajar jika seseorang ingin mengadakan liburan panjang untuk merelaksasikan diri. Oleh karena itulah terkadang mereka yang berlibur mempunyai cerita yang ber-jibun untuk diceritakan kepada teman-teman dan rekan kerja.

Baca juga : Jarang Bersihkan Wajah Bisa Jadi Sarang Tungau Lho! Nggak Percaya?

Seperti salah satu contoh, ketika Anda baru pulang dari liburan yang menyenangkan dan memberikan banyak kenangan bahagia. Anda merasa ingin berbagi kebahagiaan itu kepada orang lain, termasuk teman dekat. Namun, apa reaksi mereka? Mereka seperti tidak suka mendengar cerita Anda dan memperlihatkan sikap tidak bersahabat. Apa yang salah?

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Psychological Science, kebanyakan orang tidak suka mendengar pengalaman baru orang lain, kecuali mereka familiar pada pengalaman tersebut. Studi tersebut melakukan eksperimen dengan membagi dua kelompok responden.

Kelompok pertama, semua responden diminta untuk menonton sebuah video panorama. Kelompok kedua, semua responden hanya diminta untuk mendengarkan cerita dalam video panorama tersebut. Peneliti menjelaskan bahwa ketika kelompok pertama saling menceritakan soal video dengan responden di kelompok kedua terjadi penolakan dan perilaku tidak ramah.

Lalu, saat sesama kelompok pertama saling berbagi cerita, terjadi suasana yang lebih hangat dan komunikasi dua arah. Daniel Gilbert, salah satu rekan penulis, mengatakan bahwa kebanyakan manusia tidak selalu mampu dalam mendeskripsikan sebuah kejadian dan pengalaman sehingga terjadi kegagapan komunikasi.

Alhasil, cerita yang menurut Anda menarik menjadi tidak menarik untuk orang lain yang tidak memiliki pengalaman sama.

Inilah Mengapa Kita Malas Dengar Cerita Liburan Teman! Iya Kan?

Baca juga : Keranjingan "Makan Mayit", Awas Tanda Psikopat Lho!

Sebagian kecil orang mungkin bisa menikmati cerita mengenai hal-hal yang mereka tidak tahu dan mengerti. Namun, sebagian besar manusia tidak bisa,” pungkas Gilbert.

So, bagaimana sekarang? Itulah Alasan mengapa mereka yang sangat malas mendengar cerita liburan Anda bukan karena membenci Anda sendiri, namun karena ada beberapa orang yang enjoy, namun juga ada yang punya benteng sendiri yang membuat Anda harus segera mengerti untuk membatasi cerita piknik di bulan ini.
SHARE ARTIKEL