Ini Ternyata yang Membuat Anda Sulit Mendapatkan Rumah

 23 Mar 2017  Penulis
Ini Ternyata yang Membuat Anda Sulit Mendapatkan Rumah

Belum punya Rumah? mungkin Anda melakukan kesalahan berikut yang membuat Anda tak kunjung memiliki uang lebih dikutip dari pembantu.com.

1. Tak punya rencana keuangan

Anda boleh saja rajin menabung, tapi tabungan itu akan sia-sia dan cepat habis jika Anda tidak memiliki rencana keuangan. Buatlah target, misalnya Anda akan membeli rumah tahun depan agar Anda memiliki semangat dalam menabung, sekaligus Anda mempunyai patokan pasti berapa besarnya dana yang harus disisihkan untuk mencapai target itu.

2. Mengandalkan pekerjaan utama

Jika Anda sadar penghasilan utama hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hidup dan biaya transportasi, berarti saatnya Anda mencari penghasilan ekstra. Mulailah mengasah hobi Anda dan jadikan hobi tersebut sebagai side job. Misalnya, jika Anda jago bermain alat musik, cobalah menjadi guru privat untuk mengajar alat musik itu.

3. Mengandalkan tabungan

Membiarkan uang Anda di rekening tabungan hanya akan menggerus nilainya. Bayangkan, bunga tabungan hanya sekitar 1% – 2% per tahun, sementara inflasi bisa mencapai 5% per tahun. Ditambah lagi, tabungan Anda akan dipotong untuk biaya administrasi. Sebaiknya lipat gandakan sebagian uang Anda untuk investasi saham. Keuntungan yang Anda dapat bisa digunakan untuk mengumpulkan DP rumah.

BACA JUGA: 3 Tips Aman Membeli Rumah Agar Tidak Tertipu

4. Terlalu sering hangout

Nikmatnya makan di resto atau minum kopi di coffee shop favorit memang paling susah ditolak. Apalagi jika rutinitas ini Anda lakukan bersama teman-teman dekat. Daripada harus menyisihkan uang untuk biaya makan di luar, sebaiknya bikin jadwal arisan bersama di rumah. Bikin aturan potluck agar konsumsi bisa ditanggung bersama.

5. Asyik dengan gadget

Maksudnya, setiap ada gadget keluaran terbaru, Anda pasti tergoda membelinya. Bahkan Anda rela menggesek kartu kredit Anda demi mendapatkan gadget canggih itu. Padahal belum tentu seluruh fitur yang ada pada gadget akan Anda gunakan untuk urusan pekerjaan.