3 Tips Aman Membeli Rumah Agar Tidak Tertipu

 21 Mar 2017  Penulis
3 Tips Aman Membeli Rumah Agar Tidak Tertipu

Hindari berbagai tindak penipuan ketika membeli rumah, dengan menyimak beberapa tips di bawah ini.

1. Pertimbangkan Reputasi Developer

Salah satu cara mudah untuk mengukur reputasi developer adalah dengan memeriksa kelengkapan ijin yang dimiliki developer, antara lain:

- Ijin Peruntukan Tanah: Ijin lokasi, aspek penatagunaan lahan, site plan yang telah disahkan, SIPPT (Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah), nomor sertifikat tanah, surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), surat Ijin Penggunaan Bangunan (IPB).

- Prasarana sudah tersedia.

- Kondisi tanah siap bangun.

- Sertifikat tanah minimal SHGB atau HGB Induk atas nama developer.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Saat Mendesain Dapur Berukuran Kecil

2. Hindari Transaksi di Bawah Tangan

Jangan pernah melakukan transaksi seperti ini, sebab sangat berisiko untuk menimbulkan kerugian. Lakukan sesuai prosedur, jika ternyata rumah tersebut masih diagunkan ke bank, maka lakukan pengalihan kredit di bank dengan dikuatkan akta notaris.

3. Proses Penyelesaian Sertifikat

Ketika Anda membeli rumah lewat developer, maka sertifikat rumah tersebut masih atas nama developer itu sendiri, di mana hal ini akan membutuhkan proses untuk bisa dialihkan atas nama Anda selaku pemilik barunya. Sangat penting bagi Anda untuk menanyakan sejak awal, kapan sertifikat tersebut akan dialih namakan kepada Anda. Pada umumnya hal ini juga akan tercantum di dalam surat perjanjian jual beli, namun selalu pastikan juga menanyakannya secara langsung kepada pihak developer dikutip dari pembantu.com.

KOMENTAR