9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

 23 Mar 2017  Unknown
9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Ada banyak faktor yang bisa mempercepat proses penuaan. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Tanpa disadari, makanan yang dikonsumsi setiap hari bisa memicu penuaan dini. Salah satu contoh makanan yang dapat mempercepat penuaan adalah makanan cepat saji.

Lemak trans yang biasanya terdapat dalam makanan cepat saji terdapat pada makanan yang digoreng dalam minyak sayur dalam jumlah banyak. Lemak trans menyumbat dan membuat pembuluh darah juga arteri menjadi kaku. Inilah yang membuat kulit terlihat lebih tua.

Baca Juga : Gak Bikin Kenyang, 5 Makanan Ini Justru Akan Membuatmu Tambah Lapar

1. Kopi

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Kafein dalam dosis tinggi bertindak sebagai diuretik yang bisa menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan banyak air dan bisa berakibat pada dehidrasi. Dehidrasi sangat buruk untuk kulit Anda. Ini dapat menyebabkan kulit keriput dan bintik-bintik.

Masalah ini biasanya sering dialami peminum kopi setiap hari. Untuk menghindarinya, cobalah menyeimbangkan kopi dan air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Daging Olahan

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Sosis, daging ham atau bacon, semua daging yang diproses dan terasa lebih asin bisa menimbulkan dua masalah. Pertama, mereka mengandung sulfit dan pengawet lainnya yang menyebabkan peradangan di kulit. Kedua, mereka mengandung sejumlah besar garam. Kedua hal ini bisa membuat kulit merah, bengkak, terlihat tidak sehat terutama di bagian wajah Anda.

3. Garam

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Kita tidak bisa lepas dari Garam  yang merupakan bumbu pokok dapur setiap keluarga, tapi kandungan garam yang terlalu banyak akan merusak sel darah, menyebabkan tekanan darah tinggi dan tulang mudah keropos. Garam juga menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan kulit kering dan keriput.

Makanan yang asin dapat membuat kulit lebih cepat tua. Para peneliti menemukan bahwa kelebihan garam dapat mempercepat penuaan sel, serta meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Kurangi asupan garam untuk menjaga kulit tetap awet muda.

4. Karbohidrat Tinggi Glikemik

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Jenis karbohidrat yang satu ini dapat menaikkan gula darah Anda dengan cepat dan berkontribusi untuk penuaan yang cepat pula. Mengapa demikian? ini karena proses tubuh Anda memecah gula yang sebenarnya merusak kolagen, protein yang menjaga kulit tetap lembut dan kencang. Karbohidrat tinggi glikemik biasanya ditemukan pada makanan yang manis-manis.

5. Soda Manis

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Minum minuman soda yang manis sama buruknya dengan merokok. Para peneliti menemukan, mengonsumsi 20 ons soda per hari dikaitkan dengan 4,6 tahun penuaan. Jadi, sebotol air soda sehari dapat memotong lima tahun hidup Anda lebih cepat.

6. Makanan pedas

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Makanan pedas memperburuk proses yang dinamakan rosacea-prone skin, yang biasanya terjadi selama menopause. Karena makanan pedas memperlebar pembuluh darah, wanita menopause akan mengalami kulit yang berjerawat, an kusam dan kering. Mengkonsumsi makanan yang pedas yang berlebihan dapat juga menyebabkan bengkak, varises, atau kemerahan pada kulit.

7. Lemonade

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis atau grapefruit memiliki rasa yang segar dan kaya vitamin tapi mengkonsumski buah buahan ini terlalu berlebihan  menipiskan enamel gigi, namun lemon merupakan yang terburuk. Jus lemon dapat menciptakan kerusakan gigi dibandingkan jus jeruk dan jus grapefruit. Tambahan gula dalam lemonade juga memperparah kerusakan, menciptakan noda karena menyebabkan penumpukan plak. Gunakan  sedotan jika suka meminum lemonade.

8. Minuman Beralkohol

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Kulit sehat berasal dari organ hati yang sehat. "Ketika hati Anda berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi merusak kulit akan dikeluarkan secara alami melalui tubuh Anda.

Minuman Beralkhol dapat merusak fungsi hati.  Anda bisa bayangkan kalo hati anda sudah rusak dan tidak bisa mengeluarkan racun maka kulit Anda akan mengalami beragam masalah sepeti jerawat, warna yang memudar (pucat), dan keriput.

Selain itu, alkohol adalah penyebab dehidrasi dan buruk untuk kenyamanan tidur Anda. Hal ini dapat mempercepat proses aging pada kulit, Tidur yang tidak berkualitas menghasilkan keriput, pigmentasi yang tidak merata, dan mengurangi elastisitas kulit.

Baca Juga : Mengerikan! Inilah Makanan yang Disukai Oleh Jin! Apakah Kamu Juga Menyukainya? Semoga Saja Tidak

9. Makanan manis

9 Makanan yang Bikin Kita Cepat Tua

Kelebihan gula akan mempercepat proses dalam tubuh yang dinamakan glycation. ketika Anda memakan gula yang dapat diserap dengan mudah oleh sel-sel dalam tubuh, maka gula tersebut akan bereaksi dengan protein dan menghasilkan 'advanced glycation end products (bisa disingkat AGES) yang mengakibatkan rusaknya kolagen kulit diakibatkan bercampurnya molekul gula dengan protein akhirnya kulit akan terlihat menjadi tua.

Kebanyakan gula juga sangat jelek untuk senyum Anda. "Gula merusak gigi Anda, menghasilkan bakteri, pembusukan, dan perubahan warna gigi.

KOMENTAR