Ingin Lancar Usaha? Yuk, Ikuti Sunnah Menghiasi Al-Qur`an dengan Suara!

Penulis Unknown | Ditayangkan 25 Feb 2017

Ingin Lancar Usaha? Yuk, Ikuti Sunnah Menghiasi Al-Qur`an dengan Suara!

Menjadi seorang muslim haruslah penuh dengan semangat untuk melakukan suatu hal. Tidak boleh setengah-setengah, serta haruslah bersifat continue ketika melakukan hal baik agar menjadi kebiasaan dan bernilai ibadah. Paling pentingnya adalah, hal tersebut bisa mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri.



Baca juga : Tanpa Kita Tahu, Keistimewaan Merawat Anak Perempuan Sangatlah Dahsyat!

Ketika beranjak dewasa seperti sekarang ini, mungkin kita sering mendengarkan para qori (pembaca Al-qur’an) atau para hafizh (penghapal Al=qur’an) melantunkan firman-firman Allah denngan sangat indahnya. Dengan irama dan nada yang berbeda-beda sehingga kita sebagai pendengar sangat menikmati alunanya. Namun hal itu tentu wajib mengikuti syarat yaitu tartil sesuai hukum bacaan yang baik dan benar.

Dikutip dari beberapa sumber, ternyata sesuatu yang dihias boleh jadi akan menjadi lebih indah, baik secara visual, audio, maupun keduanya. Begitu pula dengan membaca Alquran. Membacanya dengan suara yang indah termasuk ke dalam keindahan audio. Karenanya, Rasul memerintahkan kepada kita untuk memperindah suara kita ketika membaca Alquran.

Simak hadis _Shahih_ riwayat Ibnu Majah (1342) berikut:

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id dan Muhammad bin Ja’far, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah berkata, aku mendengar Thalhah Al Yami berkata, aku mendengar ‘Abdurrahman bin ‘Aujasah berkata, aku mendengar Al-Barra bin ‘Azib menceritakan bahwa ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hiasilah Alquran dengan suara kalian.”

Berikut adalah tips untuk memperindah bacaan Alquran:

1. Unduhlah rekaman bacaan Alquran dari ustaz/qari/syaikh yang menurut Anda paling indah bacaannya.
2. Putar rekaman tersebut berulang-ulang di gadget Anda.
3. Anda bisa ikut serta membaca Alquran saat rekaman tersebut diputar.

Ingin Lancar Usaha? Yuk, Ikuti Sunnah Menghiasi Al-Qur`an dengan Suara!




Baca juga : Baca Surat Al-Kahfi di Hari Jum'at, Khasiatnya Laksana Jimat!

Jika ini secara konsisten terus dilakukan, insya Allah kamu yang masih terbata-bata dalam membaca Alquran pun akan dapat membaca Alquran dengan irama seperti ustaz/qari/syaikh tersebut.

Bonus: Anda bisa hafal ayat/surat yang didengarkan berulang-ulang tersebut.

Demikian, selamat memperindah bacaan Alquran. Semoga bacaan kita menjadi hujjah kita di hari hisab nanti. Sehingga mungkin saja, urusan kita di dunia juga akan menjadi lancar ketika sering membaca Al-Qur'an dengan kesungguhan hati dan dilantunkan dengan penuh pengahayatan, semata-mata karena Allah SWT.
SHARE ARTIKEL