Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Penjelasannya!

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Jan 2017
Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Penjelasannya!

Bagi pecinta kopi, meminum kopi di pagi hari merupakan kegiatan yang dirasa cukup membangkitkan energi. Menjadi salah satu minuman yang wajib diseduh di pagi hari bagi banyak orang ini juga banyak memberikan manfaat seperti menambah semangat, hingga katanya mampu membuat awet muda lho. Selain itu, kopi juga nikmat diminum pada malam hari terlebih jika ingin begadang agar kuat untuk melek sepanjang malam.

Baca juga : Bantal Tidur Sudah Tidak Layak, 3 Tanda Ini Wajib Kamu Waspadai!

Akan tetapi, pernahkah ketika meminum kopi akan merasa mulas dan ingin buang air besar setelahnya?


Dalam sebuah tulisan dalam Journal of Gastroenterology, studi tentang fenomena ini dibahas cukup dalam. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 oleh The Gut mengatakan kalau kopi menginduksi respon gastrokolik. Respon ini merupakan reflek yang muncul pada tubuh dan mampu mengendalikan sistem sekresi atau keinginan untuk segera buang air besar, bahkan respon ini dapat muncul hanya beberapa menit setelah mengkonsumsi kopi.

Memang, munculnya respon pada perut ini tidak selalu muncul pada setiap orang. Ada orang yang biasa saja dan tidak ingin buang air besar setelah mengkonsumsi kopi. Namun para ahli yakin jika mengkonsumsi kopi dapat mempengaruhi jaringan epitel yang melapisi lambung dan juga usus kecil.

Baca juga : Rayakan Hari Jadian di Kamar, Ulah Pelajar Ini Jadi Buah Bibir Netizen!

Padahal jaringan ini memiliki pengaruh besar terhadap proses pencernaan yang memicu keinginan untuk buang air besar. Di dalam penelitian ini, diketahui bahwa kopi akan membantu tubuh melepaskan gastrin. Gastrin merupakan hormon yang diproduksi di dalam perut dan dikenal mampu meningkatkan aktifitas motorik pada usus besar. Hal ini jugalah yang membuat kita segera merasa mulas-mulas dan ingin buang air besar.

Kesimpulannya adalah boleh saja mengkonsumsi kopi. Akan tetapi batasi agar tak menimbulkan gangguan pencernaan. Perbanyak pula mengonsumsi air putih untuk menjaga cairan tubuh. Stay healthy guys!
SHARE ARTIKEL