Berangkat Pagi untuk Mencari Rezeki Bahkan Dianjurkan Rasulullah, Lho Kok Bisa?

Penulis Unknown | Ditayangkan 20 Jan 2017

Berangkat Pagi untuk Mencari Rezeki Bahkan Dianjurkan Rasulullah, Lho Kok Bisa?

Ketika pagi hari sudah menjunjung tinggi sang fajar, sebelum berada pada puncaknya, maka shubuh yang menagkup hari. Pada saat itulah umat muslim akan menunaikan ibadah sholat shubuh, sehingga sejak sebelum pagi dianjurkan untuk bangun. Berbicara mengenai bangun pagi, salah satu adab mencari rezeki adalah berangkat pagi. Dalam beberapa kutipan kitab juga dijelaskan bahwa berpagi-pagi dalam mencari rezeki dicantumkan dalam bab tersendiri. Menjadi sebuah pertanyaan, mengapa harus berangkat pagi untuk mencari rezeki?

Baca juga : Walau Hidup Susah dan Miskin, Ketahui Rahasia Dibaliknya yang Membuatmu Paham Arti Bahagia!

Dari Shakhr bin Wada’ah al Ghamidi ash Shahabi radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban; shahih lighairihi)

Shakhr menambahkan,

وَكَانَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً أَوْ جَيْشًا بَعَثَهُمْ فِى أَوَّلِ النَّهَارِ

Dan apabila beliau mengirim pasukan atau tentara perang, beliau memberangkatkan mereka pagi-pagi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mendoakan keberkahan waktu pagi bagi umatnya. Sehingga dalam mencari rezeki, kita dianjurkan untuk memulainya pagi-pagi. Ketika menjelaskan hadits tersebut, sebagian ulama juga mengingatkan bahwa tidur di waktu pagi setelah Subuh hukumnya makruh. Keberkahan waktu pagi itulah yang kemudian dikejar oleh banyak umat Islam sejak generasi sahabat. Rasulullah sendiri mencontohkan, beliau biasa memberangkatkan pasukan di pagi hari.

Berangkat Pagi untuk Mencari Rezeki Bahkan Dianjurkan Rasulullah, Lho Kok Bisa?

Baca juga : Sampai Nabi pun Menyesalkannya, Inilah Alasan Harus Berbuat Baik Kepada Tetangga!

Shakhr yang meriwayatkan hadits ini juga telah membuktikan bahwa berangkat pagi-pagi dalam mencari rezeki membuahkan keberkahan yang luar biasa. Shakhr adalah seorang pebisnis. Dia selalu memberangkatkan barang-barangnya dimulai sejak dini hari sehingga ia menjadi kaya raya dan hartanya barakah. Secara ilmiah, memulai atau berangkat pagi-pagi dalam mencari rezeki memiliki sejumlah dampak yang positif.

Pertama, bangun pagi membuat tubuh lebih segar karena bisa menikmati udara pagi yang relatif bersih dari polusi, oksigen yang didapat lebih banyak. Tidak mungkin seseorang bisa berpagi-pagi dalam mencari rezeki tanpa bangun lebih pagi. Kedua, kinerja otak menjadi optimal ketika seseorang memulai aktifitas sejak pagi. Di waktu pagi otak menjadi lebih segar karena telah beristirahat. Dan sesungguhnya, aktifitas mencari rezeki juga merupakan bagian dari proses belajar. Sebab tidak ada satu pun pekerjaan melainkan membutuhkan kemampuan otak dan kreatifitas.
SHARE ARTIKEL