Bukan Hanya Ibu yang Bisa, Ternyata Inilah Manfaat yang Diperoleh Saat Ayah Mendongeng

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Dec 2016

Bukan Hanya Ibu yang Bisa, Ternyata Inilah Manfaat yang Diperoleh Saat Ayah Mendongeng

Tahukah ibu, bahwa selama ini ketika mengambil buku dan mulai membacakannya untuk anak tercinta mampu membuat dampak yang cukup besar bagi perkembangan anak? Namun, jika selama ini para ibu lebih banyak yang melakukannya, ada baiknya untuk malam ini coba serahkan rutinitas tersebut pada para ayah. Pasalnya, lewat sebuah penelitian terbaru dari Harvard University ternyata dongeng yang dibaca oleh para ayah memiliki manfaat lebih bagi anak-anak, terutama anak perempuan. Wow, bagaimana bisa begitu ya?

Baca juga : Hadapi Kakak dan Adik yang Sering Bertengkar, Ini Dia Solusi Jitunya!

Seorang peneliti, Elisabeth Duursma mengatakan, "Efeknya sangat besar, terutama jika ayah mulai membacakan berita bagi sang anak dibawah usia dua tahun."

Wanita dan pria memiliki cara membaca dongeng yang terbilang berbeda. Jika wanita atau ibu biasanya lebih menggurui sang anak saat membaca dongeng, seperti kalimat: "Berapa jumlah apel yang kau lihat?", maka para ayah memiliki cara yang berbeda untuk mengungkapkannya. Ayah cenderung memancing imajinasi anak dengan diskusi yang dilontarkannya. Seperti, "Oh lihat, ada tangga. Kau ingat ketika ayah menaruh tangga di mobil ayah?".

Lewat memancing imajinasi anak dan berdiskusi, peneliti menemukan hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena lebih menantang secara kognitif dan membuat anak berpikir jauh lebih keras.

Ahli parenting, Justin Coulson menambahkan, "Ketika kita mendongeng untuk anak, maka kita memperbanyak kosa kata mereka. Kita menolong mereka untuk merasa aman dan hal ini dapat meningkatkan kapastitas mereka untuk belajar," ujar Coulson.

Baca juga : Terungkap, Remaja Juga Butuh Sentuhan! Orang Tua Wajib Mengenali Hal Ini

Ia juga mengungkapkan bahwa mendongeng memberi manfaat lain yang berguna, yakni dapat meningkatkan kualitas hubungan anak dengan orangtua, meningkatkan nilai akademis anak serta membuat anak menjadi lebih bahagia. Nah, untuk itu tunggu apa lagi? Mari mulai budayakan mendongeng untuk si kecil!
SHARE ARTIKEL