Ingin Hasilkan Uang Dari Hobi? Baca Tips Penting Berikut

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 01 Oct 2016

Ingin Hasilkan Uang Dari Hobi? Baca Tips Penting Berikut

Bahagia sekaligus puas adalah saat kita dapat memperoleh penghasilan atas pekerjaan yang menjadi hobi kita. Terlebih saat hobi membuahkan penghasilan, tentu puasnya tak tertandingi terhadap apapun. Namun yang jadi masalahnya, bisakah dapat uang dari hobi? Jawabannya tentu bisa.

Hanya saja bagaimana anda membiasakan agar fokus dan menargetkan serta kekuatan komitmen yang anda bangun. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa tips sederhana agar menghasilkan uang dari hobi.

1. Beri Nilai Jual

Memilki hobi menciptakan karya seni atau kerajinan? Cobalah patok nilai jual untuk setiap karya yang anda hasilkan. Namun, sebaiknya cek terlebih dahulu mengenai harga barang anda sesuai harga pasar. Atau bila hobi anda mengarah ke jasa seperti hobi menerjemah, anda bisa berikan tarif pada tiap hasil terjemahan yang anda kerjakan. Intinya tentukan nilai jual dan yakinlah ada orang atau pasar yang akan tertarik pada barang atau jasa yang anda tawarkan.

BACA JUGA : Hobi Begadang? Berikut Beberapa Tips Begadang yang Sehat

2. Buat Tim

Sebaiknya anda membentuk tim atau minimal ikut komunitas atau klub yang sesuai terhadap minat maupun hobi anda. Perluas jaringan hingga memudahkan anda memperoleh klien atau orang yang tertarik membayar hobi anda.

3. Coba Jual Online

Kemudahan di zaman sekarang yaitu kebanyakan hal dilakukan menggunakan internet. Pada dunia maya, semuanya sangat mungkin terjadi. Apalagi dalam membuat bisnis atau membuat penghasilan dari hobi anda. Anda dapat memulainya dengan membuat portofolio mengenai karya anda yang dibuat dari hobi. Share ide-ide gemilang dan kretivitas anda lalu pasarkan juga karya anda dengan menggunakan media social atau gabung di komunitas online.

4. Bergabung di Perusahaan yang Sesuai dengan Hobimu

Bila anda masih kesulitan membangun bisnis, anda dapat bergabung pada perusahaan sebidang dengan hobi anda. Untuk contoh, anda memilki hobi membaca. Mencobalah untuk melamar pada perusahaan penerbitan atau media. Setidaknya temukan perusahaan yang memilki ruang atau mengembangkan hobi anda.
SHARE ARTIKEL