Hobi Begadang? Berikut Beberapa Tips Begadang yang Sehat

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 23 Sep 2016

Hobi Begadang? Berikut Beberapa Tips Begadang yang Sehat

Begadang adalah kegiatan tidak tidur pada malam hari untuk melakukan suatu aktivitas. Begadang bisa diisi dengan menonton pertandingan sepakbola, mengerjakan tugas-tugas atau hanya sekedar bermain kartu bersama teman. Begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan karena dengan begadang akan merusak pola tidur kita.

Bahkan dalam salah satu lagunya, penyanyi dangdut Rhoma Irama juga mengatakan jika begadang dapat merusak badan kita. Untuk menghindari semua resiko saat begadang itu, ada baiknya kita melakukan beberapa tips begadang sehat. Berikut beberapa tips begadang yang sehat.

1. Tidurlah Saat Siang Hari

Sebelum begadang pada malam hari, ada baiknya kita tidur dulu pada siang harinya. Hal ini berfungsi untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit. Selain itu tidur siang juga berfungsi untuk mengganti waktu tidur pada malam hari yang kita gunakan untuk begadang.

2. Jangan Biarkan Perut Keroncongan

Saat begadang, perut kita akan mudah keroncongan alias kelaparan. Untuk itu kita harus tetap rajin mengkonsumsi makanan saat begadang. Perbanyak karbohidrat untuk mengisi tenaga kita agar siap dalam begadang.

BACA JUGA : 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat. Usahakan untuk meminum air putih secukupnya saat sedang menjalani aktivitas begadang. Air putih memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

4. Lakukan Stretching atau Pemanasan

Sebelum begadang, upayakan untuk melakukan stretching atau olahraga kecil. Hal ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum begadang karena saat begadang, biasanya kita akan jarang menggerakkan tubuh kita yang lelah. Stretching bisa berupa meregangkan tangan, meregangkan kaki, dan lari-lari kecil.

5. Pebanyak Konsumsi Vitamin C

Cobalah untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung vitamin C sebelum begadang. Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tubuh kita karena banyak mengandung anti-oksidan di dalamnya.
SHARE ARTIKEL