VIDEO, Bukti Nyata Pentingnya Sabuk Pengaman Bagi Pengguna Roda 4 Dan 4 Risiko Yang Akan Terjadi Padamu

Penulis Penulis | Ditayangkan 03 Jul 2016

Saat terjadi kecelakaan, penumpang tanpa sabuk pengaman dapat meningkatkan risiko cedera dan kematian bagi penumpang lain dalam satu kendaraan.

Mengenakan sabuk pengaman dapat menghindarkan Anda serta keluarga dan rekan satu kendaraan dari risiko-risiko berbahaya seperti berikut ini.

Terbentur atau terlempar keluar


Selain cedera karena terbentur, penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman berisiko terlempar keluar dari kendaraan ketika mendadak terjadi kecelakaan. Penelitian menemukan bahwa 75 persen kasus penumpang yang terlempar keluar akan meninggal seketika. Mengenakan sabuk pengaman dapat mengurangi risiko mematikan semacam ini, seperti yang ada pada video ini :



Membahayakan penumpang lain


Selain terlempar keluar kendaraan atau terbentur bagian dalam mobil, penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman berisiko berbenturan atau menimpa penumpang lain.

Berikut ini adalah fakta yang mengungkap bahwa jika terjadi kecelakaan, penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman dapat membahayakan penumpang lain di dalam kendaraan yang sama.

  1. Risiko pengemudi untuk meninggal menjadi 20 persen lebih tinggi jika penumpang di disampingnya tidak bersabuk pengaman.
  2. Risiko penumpang yang duduk di kursi samping dekat supir untuk meninggal menjadi 22 persen lebih tinggi jika pengemudi di depannya tidak mengenakan sabuk pengaman.
  3. Risiko penumpang yang memakai sabuk untuk meninggal akan meningkat 15 persen jika penumpang di sebelahnya tidak mengenakan sabuk pengaman.
  4. Penelitian menemukan bahwa risiko kematian dapat berkurang hingga 60-70 persen pada penumpang yang duduk di depan dan mengenakan sabuk pengaman, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Baca Juga : Tidak Bermaksud Melecehkan Pelanggan, Wanita Malah Dilempar Segepok Uang

Sabuk pengaman berbentuk diagonal dan yang bertumpu pada tiga titik adalah jenis sabuk yang paling aman dan paling umum digunakan pada kendaraan roda empat.

Bagaimanapun Anda berhati-hati mengemudi, risiko kecelakaan saat berkendara dapat terjadi kapan saja dan di mana saja akibat pengguna jalan lain yang kurang berhati-hati. Memastikan semua penumpang dalam mobil mengenakan sabuk pengaman, sedekat apapun perjalanan yang akan ditempuh, dapat menghindarkan Anda dan orang-orang tersayang dari bahaya.
SHARE ARTIKEL