TIPS : Mendidik Anak Sensitif

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 18 Jul 2016

TIPS : Mendidik Anak Sensitif
Ini cara mendidik anak yang sensitif
Apakah bunda dan ayah mempunyai buah hati yang mudah tersinggung, atau menangis. Suka marah bila hal-hal disekitarnya tidak sesuai dengan kemauanya? Ya itulah yang menjadi salah satu indikasi, buah hati bunda sensitive.
Salah satu indikasi anak sensitif adalah sering menangis untuk alasan yang tidak jelas atau tidak penting. Anak cenderung mudah tersinggung atau emosi ketika orang di sekitarnya tidak memberikan reaksi sesuai dengan keinginannya. Respons emosional anak pada situasi tertentu mungkin lebih mudah terusik dibanding anak seusia lainnya.

Setiap anak memang mempunyai kepribadian yang berbeda. Biasanya, anak sensitif butuh waktu lebih lama untuk meredakan emosinya dan cenderung introver, sehingga bisa jadi tak memiliki banyak teman di sekolah. Berikut ini beberapa tip dari laman Boldsky untuk mendidik anak sensitif.

1. Memahami anak

Belajar untuk memahami dan mendapatkan kepercayaan anak karena anak sensitif sering merasa sulit untuk percaya kepada orang lain. Dengan mendapatkan kepercayaan anak, orang tua akan memiliki hubungan yang lebih baik dengannya.

2. Berikan tanggung jawab

Berikan tanggung jawab, seperti membantu mengerjakan tugas sehari-hari di rumah. Ini akan mengembangkan rasa percaya diri anak karena perasaan rendah diri dapat berakibat buruk bagi anak sensitif.

3. Mengubah secara positif

Ubah sikap anak secara positif dengan memperbaiki lingkungannya. Pola asuh yang demokratis, mau mendengarkan pendapat anak, tidak menghakimi, dan adil dapat menjadikan anak lebih tenang dan tidak tertekan. Orang tua yang mudah panik, cemas, dan terlalu protektif akan membuat anak merasa takut, cemas, dan mudah tersinggung. Mengubah anak secara positif bukan mengubah kepribadiannya.

Baca Juga : Kenalilah Watak dan Kepribadian Anak Kita

4. Bersikap tegas

Bersikap tegas bukan berarti menyakiti. Coba terapkan disiplin karena anak sensitif cenderung bereaksi negatif dengan mengucapkan kata-kata kasar jika ia tersinggung.

5. Jangan merendahkan harga diri anak

Orang tua sering kali tak sadar telah mengucapkan kata-kata yang merendahkan harga diri anak. Hal ini akan membuat anak membenci orang tuanya dan sengaja menggunakan sifat sensitifnya untuk mengontrol orang lain.

Perlu sedikit kesabaran, karena bila sudah semenjak kecil anak kita sensitive haruslah kita rubah agar ia bisa sedikit demi sedikit menerima kondisi sekitar dimana hal itu tak sesuai dengan kemauanya. Karena bisa jadi saat dewasa bila terus terbawa, anak yang sensitive berusaha menang sendiri dan akan lebih susah bersosialisasi.

SHARE ARTIKEL