Miris Dengan Anak Masa Kini ! (Pintar Main Gadget Tapi Manja dan Tidak Mandiri)

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 16 Jul 2016
Miris Dengan Anak Masa Kini ! (Pintar Main Gadget Tapi Manja dan Tidak Mandiri)
Miris dengan anak era saat ini
Memang era saat ini sudah tak dapat dibendung lagi yang namanya teknologi, perkembanganya pun tak diimbagi dengan kesiapan manusianya.  Seperti gadget yang makin hari semakin banyak update yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang yang satu ini. Dari hari ke hari, perkembangan alat komunikasi dan teknologi semakin canggih dan mengesankan.

Begitu pun dengan anak-anak. Bisa dipastikan, hampir sebagian besar anak bisa mengoperasikan gadget atau sekedar memainkan smartphone orang tuanya. Bahkan, beberapa anak telah diberikan fasilitas gadget oleh orang tua sejak usianya masih sangat dini. Dikutip dari laman asiantown.net, para peneliti menemukan bahwa 3 dari 5 anak di dunia sudah bisa mengoperasikan dan memainkan gadget.

Peneliti menemukan bahwa hampir 25% anak bisa membuka web dan browser melalui gadget tanpa bantuan orang lain. Sayang, hanya 20% anak yang bisa berenang atau melakukan aktivitas nyata dalam kehidupan sehari-hari tanpa bantuan orang lain. Karena pengaruh gadget, para peneliti mengungkapkan bahwa anak-anak masa kini justru tumbuh menjadi anak yang manja dan tidak mandiri.

Memang, untuk urusan mengoperasikan gadget dan menikmati aplikasi di dunia maya mereka sangat cerdas, cekatan juga pandai. Tapi, ketika anak-anak ini dihadapkan dengan kegiatan di dunia nyata dan sosialisasi yang sesungguhnya, anak-anak cenderung kesulitan dan kurang percaya diri. Sebuah studi online dari AVG Technologies menemukan bahwa hampir 58% anak usia 3 sampai 5 tahun bisa mengoperasikan komputer, smartphone atau gadget dan sejenisnya. Tapi, hanya 1 sampai 6% anak yang bisa membuat serta menyediakan sarapan sendiri, memiliki keinginan untuk membersihkan sepatu atau benda miliknya sendiri.

AVG Technologies sendiri merupakan sebuah perusahaan di Belanda yang berbasis mengembangkan keamanan perangkat lunak dan perkembangan tekhnologi yang ada saat ini. Peneliti dari AVG ini juga menemukan bahwa hanya sedikit anak masa kini yang bisa melakukan aktivitas harian dengan percaya diri dan mengesankan. Diketahui, jumlah anak masa kini yang tidak bisa naik sepeda semakin banyak. Padahal, hampir semua anak bisa mengoperasikan dan memainkan gadget serta smartphone.

Baca Juga : Jujurlah, Hal-hal Ini Sering Anda Lupakan Dalam Mendidik Anak.

Selain menemukan anak menjadi lebih manja dan tidak mandiri karena pengaruh gadget, peneliti juga menemukan bahwa anak yang tumbuh dan berkembang bersama orang tua muda memungkinkan tumbuh dan berkembang lebih manja pula jika dibandingkan dengan anak yang tumbuh dan berkembang bersama orang tua (ibu) dengan usia di atas 35 tahun.

Dengan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar setiap orang tua masa kini lebih peduli terhadap buah hati dan mengawasi setiap aktivitas yang dilakukan. Diharapkan, orang tua masa kini juga membatasi aktivitas anak terkait dengan gadget atau sejenisnya dan orang tua lebih bisa mengajak anak untuk bersosialisasi serta aktif di dunia nyata dan kehidupan sehari-hari yang sesungguhnya.

Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita sebagai orang tua akan semakin bijak dalam menjaga, merawat juga mendidik buah hati di rumah.
SHARE ARTIKEL