Kerusuhan Pecah di Tanjung Balai, 3 Vihara dan 6 Klenteng Dibakar

Penulis Penulis | Ditayangkan 30 Jul 2016

Kerusuhan Pecah di Tanjung Balai, 3 Vihara dan 6 Klenteng Dibakar

Kerusuhan massa terjadi di Tanjung Balai, Sumatra Utara, pada Sabtu dini hari (30/7). Sembilan rumah ibadah dibakar atau dirusak oleh ratusan orang yang mengamuk.

Seperti yang kami lansir dari cnnindonesia.com menurut saksi mata, Yan Marpaung, 42, sedikitnya tiga vihara dan enam kelenteng yang dibakar massa di Kecamatan Tanjung Balai Selatan. Peristiwa ini terjadi antara pukul 1-3 dini hari tadi, massa berhasil dibubarkan polisi sekitar pukul 4.

Yan mengatakan, insiden ini bermula dari protes seorang warga terhadap sebuah masjid di Jl. Karya. Wanita yang tinggal di seberang masjid itu mengeluhkan suara azan maghrib yang berkumandang.

"Atas insiden itu, warga terutama jemaah masjid ramai-ramai mendatangi rumah wanita itu. Hampir saja massa membakar rumah wanita itu, kemudian polisi datang," kata Yan.

Baca juga :  Usai Kerusuhan Massa, Situasi Tanjung Balai Masih Mencekam

Polisi akhirnya mengamankan wanita itu dan suaminya dari amuk massa. Warga menurut Yan sempat membubarkan diri, namun entah komando dari siapa, massa kemudian bergerak ke kelenteng di belakang masjid, di Jl Juanda.

Kelenteng itu menjadi sasaran pelembaran batu. Beberapa vihara dan kelenteng yang terpaut hanya beberapa kilometer kemudian menjadi sasaran amuk massa.

Mobil-mobil di sekitar vihara digulingkan dan dibakar, di antaranya adalah dua vihara terbesar di Tanjung Balai.

Menurut Yan, gerombolan massa terbagi menjadi beberapa kelompok. Pasalnya, vihara dan kelenteng itu terbakar di waktu yang hampir bersamaan.

"Konsentrasi massa baru bubar sekitar jam 4 dini hari. Pembakaran terjadi antara pukul 21-3," lanjut Yan.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian hingga saat ini. Tidak diketahui juga apakah ada korban dalam peristiwa tersebut.
SHARE ARTIKEL