Ini 5 Cara Mudah, Menyelamatkan Rasa Masakan yang Kebanyakan Garam. Bukan ditambah Air terus Ya..!

28 Jul 2016  Dzikir Pikir
Ini 5 Cara Mudah, Menyelamatkan Rasa Masakan yang Kebanyakan Garam. Bukan ditambah Air terus Ya..!

Kalo mau dihitung dengan jari, gadis jaman sekarang yang ada disekitarmu bisa dihitung dengan jari yang bener-bener bisa masak dengan takaran bumbu yang pas. Kadang dalam belajar masak, memang harus bisa merasakan masakan tersebut ada kekurangan bumbu atau malah kelebihan salah satu bumbu.

Dan saat masih belajar masak, menambah bumbu perasa itu merupakan sebuah tantangan yang besar karena sedikit ataupun banyak akan mempengaruhi rasa masakan kita. Contohnya, ketika kita masak sup dan kita tidak sengaja menaruh garam terlalu, terus biasanya gimana caranya kita untuk menanganinya?

Bagi kamu yang sudah sering memasak, kamu pasti akan menambah air ke dalamnya untuk mengurangi kadar asinnya. Tetapi ternyata hal ini bukanlah hal yang tepat, karena jika kamu menambahkan air ke dalamnya, citarasa sup yang kamu masak akan berubah sangat drastis.

Ini 5 Cara Mudah, Menyelamatkan Rasa Masakan yang Kebanyakan Garam. Bukan ditambah Air terus Ya..!

Begini cara mengurangi rasa asin masakan karena terlalu banyak garam,

1. Menambahkan tepung terigu atau beras

Carilah kain kasa yang bersih (yang sudah disterilisasi sehingga aman untuk makanan), kemudian masukkan 2 sendok teh tepung terigu ataupun beras, kemudian masukkan kain kasa ini ke dalam sup dan masak sejenak. Garam yang berlebih pun akan diserap sehingga sup yang kamu masak akan menjadi lebih hambar.

2. Masukkan telur yang sudah direbus.

Baca dulu : 3 Tips : Agar Anak Suka Makanan SEHAT

Telur ayam sangat ampuh untuk menyerap garam. Jadi, kamu bisa menggunakan telur ayam rebus ini untuk menyerap garam yang berlebih dalam supmu. Telur kuning mempunyai daya serap yang lebih kuat daripada telur putih.

3. Menambahkan kentang.

Kentang bisa menyerap garam dengan baik dan tidak akan merubah citarasa masakan kita. Jadi kalau kamu menaruh garam kebanyakan, kamu bisa menambahkan irisan kentang ke dalamnya satu per satu. Taruh satu iris kemudian tunggu 1 menit dan cicipi rasa supnya terlebih dahulu, jika masih terlalu asin, kamu bisa menambah satu iris kentang lagi hingga rasa asinnya berkurang. Ingat, jangan potong kentang ini terlalu tipis karena akan sulit ditiriskan.

4. Menambahkan gula

Kamu bisa menambahkan gula batu dan sebelum dia meleleh seluruhnya, kamu bisa langsung mengangkatnya untuk menyerap rasa asin berlebih pada supmu. Sama seperti kentang, jika tidak berhasil, kamu bisa mencobanya beberapa kali.

5. Menambahkan tomat ataupun tahu.

Ketika kamu tidak sengaja menambahkan garam yang terlalu banyak, kamu bisa menaruh tomat ataupun tahu untuk mengurangi rasa asin.

Baca Juga : Agar Anak Tak Kecanduan Junk Food, Terapkan 3 Tips Berikut Ini!

Nah, sekarang kalau masak tak perlu ragu lagi, saat memberikan bumbu perasa. Namun juga jangan terlalu melebihi ukuran ya. Daripada harus melakukan cara diatas, mendingan belajar masak yang bener dulu deh.

cinta
kesehatan
orang tua

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa