MENGAPA LANGIT DAN BUMI MENANGIS DI AKHIR BULAN RAMADHAN?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 20 Jun 2016
MENGAPA LANGIT DAN BUMI MENANGIS DI AKHIR BULAN RAMADHAN?
Ramadhan bulan bulan penuh berkah
Dari Nabi SAW, "sungguh Allah memerintah kepada malaikat Kiramul katibin di bulan Ramadhan untuk menulis kebajikan yang dilakukan umat Nabi Muhammad SAW dan tidak memerintah untuk menulis kejelekannya dan menyuruh untuk menghapus dosa-dosanya yang telah lampau.

Nabi bersabda," barang siapa puasa dibulan ramadhan dengan penuh keimanan dan karena Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu".

Dikatakan bahwa puasa itu ada tiga derajat: 1) puasanya orang awwam 2) puasanya orang khusus 3) puasanya orang khowasil khowas. adapun puasanya orang awwam adalah mencegah perut dan farjinya dari menuruti hawa nafsu adapun puasanya orang khusus adalah puasanya orang-orang yang sholih dengan menolak anggota-anggota tubuhnya dari perbuatan dosa, dan hal tersebut tidak akan diperoleh kecuali dengan lima perkara: pertama memejamkan mata dari segala sesuatu yang dihina agama kedua menjaga lisan dari ghibah, berbohong, adu domba, janji palsu, karena ada hadis Nabi yang berbunyi " lima perkara yang dapat melebur pahala puasa yaitu berbohong, ghibah, adu domba, janji palsu, melihat dengan syahwat". ketiga mencegah telinga dari mendengarkan perkara yang makruh, keempat mencegah segala anggota tubuh dari sesuatu yang dibenci agama. kelima tidak banyak makan di waktu berbuka sehingga memenuhi isi perutnya. Adapun puasanya orang Khowasil Khowas adalah puasanya hati dari niat-niat yang jelek, dan puasa dari memikirkan dunia, dan mencegah hatinya dari selain Allah SWT. Ketika seseorang sudah mencapai derajat ini dan memikirkan dunia maka puasanya menjadi batal dan yang memiliki pangkat ini adalah para Nabi dan orang-orang yang jujur(shodiqin).

Baca Juga : Rasulullah SAW Bersabda : Akan Dibuatkan Rumah Neraka Bagi Suami, Ini Hadist Lengkapnya!

Sungguh mulia kedudukan bulan suci Ramadhan ini, hingga dosa dosa kita yang telah lalu diampuni, doa doa kita diijabah, di bulan ini turun malam seribu bulan yaitu lailatul qodar, dan masih banyak lagi keistimewaan bulan ramadhan.

Dari Jabir RA dari Nabi SAW ," ketika datang akhir malam bulan Ramadhan, langit-langit dan bumi, para malaikat menangis karena merupakan musibah bagi umat Nabi Muhammad SAW. dikatakan: Wahai Rasulluah,musibah yang mana? Rasulluah menjawab: lenyaplah bulan ramadhan karena sesungguhnya doa-doa di bulan Ramadhan dikabulkan, dan shodaqoh diterima, kebaikan dilipat gandakan, dan adzab di tolak". Tidak ada musibah yang lebih besar kecuali habisnya bulan Ramadhan dan ketika langit dan bumi menangis karena musibah yang menimpa kita maka kita yang lebih berhak menangis karena habisnya anugerah dan kemuliaan ini.

Semoga kita diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah dibulan ramadhan hingga selesai. Dan diampuni dosa dosa kita yang telah lalu, serta doa doa kita dikabulkan. Aamiin.
SHARE ARTIKEL