Tak Semua Orang Cocok Minum Susu, Berikut 6 Efek Buruk Susu Sapi

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 07 Jun 2016
Tak Semua Orang Cocok Minum Susu, Berikut 6 Efek Buruk Susu Sapi
Efek kesehatan susu sapi, pada tiap indivdu berbeda
Banyak orang tua beranggapan bahwa memberikan susu pada anak adalah solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang tidak didapat dari makanan. Banyak jenis susu, tetapi yang paling banyak beredar di pasar adalah susu sapi.

Berbagai jenis susu merupakan minuman yang bergizi. Tak beda dengan susu sapi merupakan minuman yang tak dapat dilabel sebagai minuman tak sehat, karena mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Tapi tentu saja, susu memiliki sisi buruk juga.

Di seluruh dunia, susu dianggap sebagai makanan yang sangat sehat. Namun efeknya pada kesehatan tiap orang bervariasi. Mereka yang tidak toleran terhadap laktosa dapat terkena alergi setelah mengkonsumsi susu sapi.

Baca Juga : OBESITAS Pada Saat Hamil, Berbahaya Bagi Bayi, Ini Penjelasanya.

Hal ini karena susu dilengkapi dengan senyawa alergi tertentu seperti kasein dan laktosa. Bahkan, susu dari sumber yang tidak sehat juga dapat menyebabkan peradangan, diabetes tipe 1 dan gangguan lainnya.

Berikut penjelasanya, dikutip dari theasianparent.com,

6 Alasan susu sapi tak selalu baik untuk keluarga Anda

1. Hampir 75% dari kandungan susu adalah laktosa intoleran. Jadi, susu dan produk susu lainnya mungkin tidak mudah dicerna oleh mereka yang tidak bisa mentolerir laktosa.

2. Susu juga membuat Anda merasa kembung jika diminum terlalu banyak. Sekali lagi, ini adalah karena laktosa.

3. Penelitian lain menyatakan bahwa susu dapat merangsang hormon tertentu yang dapat memaksimalkan risiko kanker prostat pada beberapa orang.

4. Studi tertentu mengklaim bahwa produk susu dapat menyebabkan jerawat pada beberapa orang.

5. Laktosa dalam susu juga dapat menyebabkan diare. Jika Anda mengkonsumsi susu dalam jumlah yang berlebihan, Anda bisa mengalami sakit perut.

6. Susu adalah salah satu makanan paling bergizi, tapi sekali lagi itu tergantung sumber dari susu tersebut. Hanya sapi yang dibesarkan di padang rumput dan makan rumput organik yang dapat menawarkan kualitas susu yang baik.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa susu yang beredar dipasaran itu selalu sehat. Sedangkan, tanpa kita ketahui pakan dari sapi sebagai sumber susu yang kita konsumsi, kita sulit menduga apakah susu yang kita dapatkan di toko-toko itu sehat.

Baca Juga : Minum Minuman Yang Manis, Dapat Mencegah Lemah Lesu, Mitos atau Fakta?

Susu memang mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Tetapi ada banyak alternative sumber kalsium lain selain susu. Misal tahu, tahu merupakan sumber kalsium yang baik selain susu.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb