Si Kecil Suka Mengambil Mainan Temannya, Bagaimana Ini?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 17 Jun 2016
Si Kecil Suka Mengambil Mainan Temannya, Bagaimana Ini?
Ilustrasi
Masih kecil, tapi sudah suka mengambil barang milik temanya. Bisa mainan atau apa saja. Kemudian bagaimana bila si kecil terlanjur punya sifat seperti itu?

Dikutip dari ayahbunda.co.id, di usia 2 – 5 tahun, anak bisa saja suka mengambil barang orang lain. Menurut Irma Gustiana A,M.Psi, Psi , Psikolog Anak dan Keluarga dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, hal ini terjadi karena fase berpikir anak masih egosentris sehingga ia mengambil barang apa saja yang diinginkan, tanpa memahami konsep kepemilikan.

Baca Juga : Anak Anda Hobi Pamer? Begini Solusinya!

Caranya agar anak dapat mengetahui bahwa itu salah adalah kita, kenalkan konsep tentang benda milik anak dan milik orang lain. Dan, mengambil milik orang lain itu tidak baik. Misal, tanyakan bagaimana perasaan anak jika barangnya diambil orang lain. Lalu beri contoh, mana barang miliknya dan mana barang milik orang lain serta bagaimana harus meminjam.

Penting dilakukan, pengawasan pada apa yang telah anda ajarkan. Karena bila hal jelek ini terbawa sampai dewasa. Orang tua akan tahu bagaimana akibat buruknya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb