Rasulullah Memerintahkan Padamkan Lampu Saat Tidur Dimalam Hari, Ternyata Ini Manfaatnya

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 09 Jun 2016
Rasulullah Memerintahkan Padamkan Lampu Saat Tidur Dimalam Hari, Ternyata Ini Manfaatnya
Padamkan lampu saat tidur dimalam hari
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya sebagai berikut :

“Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman.” (HR. al-Bukhari)

Rasulullah,  memerintahkan kita agar memadamkan lampu-lampu dimalam hari (ketika hendak tidur), mengunci pintu dan menutup wadah yang berisi makanan serta minuman.

Kemudian, diriwayatkan dalam beberapa hadist lagi.

Riwayat-riwayat yang disebutkan di dalamnya alasan untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari.

1. Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dia berkata yang artinya sebagai berikut :

“Pada suatu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (ketika penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda:” Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu.” (HR. al-Bukhari)

Baca Juga : VIDEO – KISAH NYATA, Pria Ini Mendapat Hujatan, Setelah Menolong Orang Yang Kecelakaan

2. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tutuplah tempat air kalian, pintu rumah kalian, dan matikanlah lampu-lampu kalian, karena bisa jadi tikus akan menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yang menimpa para penghuni rumah.” (HR. al-Bukhari)

3. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada:

“Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, dan matikanlah lampu, karena setan tak dapat membuka ikatan tempat minum, pintu, dan bejana. Jika kalian tak mendapatkan penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong batang kayu kecil di atas bejananya dan menyebut nama Allah, maka lakukanlah. Karena tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya.” (HR. Muslim)

4. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada:

“Tutuplah oleh kalian pintu rumah, ikatlah kantong air tempat minuman, tutuplah bejana-bejana, dan matikanlah lampu, karena setan tak dapat membuka pintu tertutup, melepas ikatan tempat minum, dan membuka bejana. Dan sesungguhnya tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya.” (HR. Imam Malik dalam al-Muwatha’ dan at-Tirmidzi dalam Sunan-nya dan dishahihkan oleh al-Albani rahimahumullah)

5. Dari Jabir radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada:

“Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian (dari keluar rumah), karena setan bertebaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu ‘Isya biarkanlah mereka, tutuplah pintumu, dan matikanlah lampu serta sebutlah nama Allah…” (HR. Al-Bukhari)

Dalam hadits-hadits ini disebutkan bahwa jika kita akan tidur di malam hari, padamkanlah lampu , jika dahulu di dalam rumah ada api, maka wajib bagi kita untuk memadamkannya sebelum tidur, atau melakukan sesuatu yang membuatnya aman dari kebakaran. Menutup tempat makanan dan minuman, serta mengunci pintu jelas itu semua demi kebaikan.

Baca Juga : Minum Minuman Yang Manis, Dapat Mencegah Lemah Lesu, Mitos atau Fakta?

Kemudian bagaimana jika memadamkan lampu, dilihat dari segi ilmiah ?

Ternyata, dikutip dari 9trendingtopic.blogspot.com para ilmuwan mengungkapkan kebenaran hadist hadist diatas, yaitu tentang tentang polusi cahaya pada malam hari, serta mengemukakan tentang bahaya terkena cahaya yang berlebih, terutama saat tidur.

Sebuah riset ilmiyah menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses biologis yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan-gangguan yang mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan berpesan agar kita senantiasa mematikan lampu pada malam hari dalam rangka memelihara kesehatan tubuh dan otak.

Subhanallah, ajaran Nabi Muhammad SAW yang disampaikan pada saat sekitar abad 14. Hal itu baru ditemukan kebenaranya melalui riset ilmiah para ilmuwan pada abad 21 ini. Hal ini menjadi contoh, bahwa apa yang diajarkan dan dilarang Rasulullah, InsyaAllah pasti ada manfaatnya. Semoga semakin menambah keimanan kita. Aamiin.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb