PENTING : 5 Hal ini Sangat Dibutuhkan Anak

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 12 Jun 2016
PENTING : 5 Hal ini Sangat Dibutuhkan Anak
Anak yang diperhatikan, lebih cenderung terbuka dengan orang tua.
Sebagai orang tua, melindungi dan membuat anak bahagia tentunya menjadikan kebahagiaan yang tak terbeli. Karena anak adalah pewaris kita, yang melanjutkan apa yang menjadi cita cita kita, dan berharap anak akan bahagia jika besar kelak.

Tahukah Anda apa yang paling dibutuhkan anak, dan sudahkah Anda memenuhi kebutuhan mereka? Terkadang orangtua masih belum benar-benar tahu apa yang paling dibutuhkan anak. Ada orangtua yang selalu menuruti apa yang dinginkan anak, namun melupakan komunikasi dengan anak, pelukan, dan perhatian, karena menganggap apa yang diinginkan anak adalah apa yang mereka butuhkan.

Semua anak memiliki kebutuhan dasar untuk hidupnya seperti makan, kehangatan, tempat tinggal, dan pakaian. Tetapi jangan lupa anak juga butuh untuk merasa dicintai dan rasa aman. Dengan memberikan semua hal yang mereka butuhkan, anak akan merasa aman, kuat, dan berkembang.

Berikut 5 hal yang penting yang dibutuhkan anak, dilansir liputan6.com,

1.Memberikan Cinta dan Pelukan

Pelukan dan mengajak mereka bercanda akan membantu mereka merasa aman dan memberikan kenyamanan. Memegang anak, menggendong, memangku, mencium adalah cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Baca Juga : 6 Manfaat LUAR BIASA, Bagi Anak Yang Puasa.

2.Berikan Apresiasi

Ketika Anda memberikan mereka apresiasi terhadap apa yang sudah mereka lakukan, ini akan membuat mereka ingin melakukannya lagi. Mengapresiasi anak Anda untuk melakukan yang terbaik akan membuat mereka juga ingin menjadi yang terbaik dan akan membantu mereka menghargai diri mereka sendiri, terhadap usaha yang mereka lakukan.

3.Berikan Senyuman

Senyuman adalah cara yang paling sederhana untuk membantu anak merasa bahagia dan aman. Ketika Anda memberikan senyuman kepada anak katakan juga bahwa Anda menyayangi mereka, bangga terhadap mereka, memperhatikan mereka, Anda bahagia karena mempunyai mereka.

4.Ajak Mereka Bicara

Sesibuk apapun Anda sempatkan untuk mengajak anak Anda bicara, bisa di tempat tidur sebelum anak Anda tidur, mendongeng, bercerita tentang apa yang dialami hari ini. Sering mengajak anak bicara, tanpa Anda sadari anak belajar banyak dari percakapan yang Anda lakukan. Anak memiliki kosa kata yang banyak, menggunakan kata dengan tepat sehingga memudahkan mereka untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan.

Baca Juga : 2 ALASAN PENTING, Kenapa Harus Ajari Anak Berpuasa

5. Dengarkan Mereka

Semakin anak bertambah umurnya dan sudah lancar berbicara, anak akan menanyakan banyak hal. Dengarkan dengan seksama dan berikan jawaban terbaik yang anda bisa dengan begitu anak akan merasa belajar itu menyenangkan. Mendengarkan adalah cara lain untuk memperlihatkan bahwa Anda tertarik dan peduli dengan mereka.

5 Hal diatas bisa dengan mudah dilakukan, tetapi akan menjadi berat  sekali dilakukan oleh orang tua modern saat ini. Para orang tua akan lebih sibuk dengan pekerjaan mereka. Dan anak anak akan lebih banyak waktu dengan teman dan lingkungan mereka. Atau juga dengan pembantu rumah anda.

Maka dari itu, sebisa mungkin sempatkanlah untuk hanya sekedar berbicara  dengan anak, mendengar ceritanya, dan mengapresiasi hal positif yang ia lakukan. Dengan begitu anak merasa lebih berarti.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb