Penjelasan, Berpuasa Dapat Membuat Otak Berkembang.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 24 Jun 2016
Penjelasan, Berpuasa Dapat Membuat Otak Berkembang.

Otak Orang dewasa diperkirakan para ilmuwan seperti bagian tubuh lain yang kebanyakan tidak bisa berkembang. Para ilmuwan yang tadinya mengira otak berhenti berkembang setelah tahun-tahun awal kehidupan manusia, menemukan fakta lain setelah studi terbaru membuktikan otak bisa membentuk jalur-jalur saraf baru dan menciptakan neuron di usia dewasa.

Melakukan olah fisik 30 menit setiap hari atau meditasi mampu merangsang produksi sinaps (sambungan antar sel otak), mengonsumsi makanan mengandung antioksidan juga membantu perkembangan otak.

Selain hal-hal itu, ada hal yang bisa kita lakukan untuk merangsang pembentukan jalur saraf baru di otak yaitu  Berpuasa. Mengapa berpuasa dapat mengembangkan otak orang dewasa ?

Dikutip dari nationalgeographic, bahwa ditemukan bila kita membatasi asupan kalori atau berpuasa terbukti meningkatkan pembentukan jalur sel otak baru (plastisitas sinap), merangsang pertumbuhan sel otak, serta mengurangi risiko penyakit penurunan saraf akibat penuaan.

Baca Juga : Ini Trik Olahraga Di Bulan Puasa, Agar Tetap Bugar

Selama berpuasa, sistem metabolisme tubuh akan menurunkan kadar hormon leptin sehingga otak menerima sinyal agar neuron menghasilkan energi lebih banyak.

MasyaAllah, ilmuwan juga baru dapat menemukan satu lagi manfaat puasa. Yang dimana ibadah ini sudah diwajibkan dari zaman Rasulullah SAW. Semoga dapat menambah iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amiin.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb