Ini Trik Olahraga Di Bulan Puasa, Agar Tetap Bugar

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 21 Jun 2016

Ini Trik Olahraga Di Bulan Puasa, Agar Tetap Bugar
Jogging bisa jadi solusi
Olahraga mempunyai dampak yang positif bagi tubuh. Saat olahraga tubuh akan membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga kita berkeringat dan merasa lelah. Lalu bagaimana agar tubuh tetap bugar di bulan puasa ini dengan menjalankan olahraga rutin?

Tidak perlu cemas jika nantinya merasa capek atau haus berlebih yang mengakibatkan puasa terganggu. Olahraga saat bulan puasa juga ada triknya!

Sore hari sebelum berbuka adalah saat yang tepat untuk berolahraga. Karena puasa bukan alasan untuk meninggalkan olahraga. Ini karena tubuh masih memerlukan aktivitas fisik untuk mempertahankan kebugaran. Di samping itu, olahraga selama berpuasa masih bisa diakali, agar tetap bisa terlaksana. Salah satunya dengan memilih waktu berolahraga yang tepat, seperti menjelang waktu berbuka puasa. Ingin tahu lebih banyak? Berikut dikutip dari buavita.co.id tips lengkapnya.

Lakukan 1-2 Jam Menjelang Berbuka

Olahraga menjelang berbuka dapat dimulai 1 atau 2 jam sebelumnya. Di samping pada waktu tersebut rutinitas bekerja sebagian besar sudah selesai, suasana sore yang hangat dapat membuat olahraga lebih semangat. Usai olahraga pun tak perlu khawatir kelelahan dan kehausan, karena bisa langsung meneguk air saat berbuka puasa tanpa merasa dosa.

Pilih Olahraga yang Sesuai

Sesuaikan kondisi fisik dengan jenis olahraga yang tepat. Jangan terlalu memaksakan diri berolahraga yang berat, seperti panjat tebing atau paragliding, layaknya hari-hari biasa. Sebaliknya, lakukan olahraga yang santai, tetapi memiliki manfaat optimal untuk melatih otot, membakar kalori, juga menjaga stamina tetap prima. Misalnya saja, jogging dan aerobik.

Baca Juga: Sulit Hamil Karena Gemuk? Lakukan 5 Tips Ini

Tentukan Lokasi Berolahraga

Jika memilih jogging, taman kota dapat menjadi pilihan berolahraga yang tepat. Selain lebih rindang, barangkali bisa membuat olahraga lebih semangat lantaran banyak orang yang jogging pula. Namun, bila cuaca sedang tidak baik, seperti hujan misalnya, lakukan saja aerobik. Pilates dan yoga, dapat menjadi pilihan aerobik yang bisa dilakukan di rumah sambil menunggu waktu buka puasa tanpa merasa dosa.

Jika waktu buka sudah tiba, segera minum air putih agar tubuh kembali terhidrasi dengan cairan usai puasa seharian plus olahraga. Biar tubuh kembali fresh, awali menu berbuka dengan menyantap buah-buahan yang menyegarkan.

Buah melon, semangka, mangga, nanas, anggur, apel dan jeruk merupakan beberapa buah yang pas dilahap saat berbuka. Untuk tetap bugar dibulan puasa tetap lakukan olahraga rutin. Karena olahraga akan lebih menyehatkan badan daripada saat puasa kurang aktivitas.

SHARE ARTIKEL