KETAHUI 4 Penyebab Anak SUKA Gigit KUKU.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 17 Jun 2016
KETAHUI 4 Penyebab Anak SUKA Gigit KUKU.
Ilustrasi
Kebiasaan yang satu ini memang hampir semua balita mengalaminya. Tapi itu juga berbahaya, jika sesuatu yang digigit terdapat kuman dan bibit penyakit. Karena di kuku sarat dengan telur cacing yang berbahaya juga, apabila anak main ditanah ataupun tempat kotor.

Lebih baik kenali penyebabnya, kenapa anak anda sampai menggigit kukunya. Berikut dilansir dari ayahbunda.co.id, beberapa alasan kenapa si kecil suka menggigit kukunya.

1. Penasaran.

Rasa ingin tahu balita terhadap dirinya sendiri sangat besar. Mereka akan berusaha mencari tahu apa saja indra yang mereka miliki, mulai dari melihat, merasakan dengan kulitnya, menciumnya, sampai menjilatnya dengan lidah, termasuk mengigit jarinya.

Baca Juga : Anak Anda Hobi Pamer? Begini Solusinya!

2. Bosan.

Sebenarnya anak membutuhkan banyak perhatian dari Anda. Namun melihat Anda sibuk bekerja, anak pun merasa bosan dan menggigit jarinya untuk mencari perhatian Anda.

3. Pengalih stres.

Menggigit kuku kadang juga merupakan cara balita mengurangi ketegangan yang hebat tapi bersifat sementara. Misal, saat pertama kali masuk sekolah atau tempat bermain yang ramai sehingga dia merasa malu. 

4. Meniru.

Selain mengamati cara orang bicara, balita juga mengamati cara orang berperilaku. Misalnya, kebiasaan Anda mengangat kaki di atas meja ketika duduk atau kebiasaan menggigit jari, dia pun bisa menirunya.

Jadi balita memang mempunyai rasa penasaran, dan sering kali mencoba sesuatu, tapi ada baiknya anda tidak memberi contoh jelek, serta memberikan perhatian kepada si kecil. Setidaknya hal ini akan mengurangi aktivitasnya menggigit kukunya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb