Ini Alasannya Mengapa Berat Badan Gampang Naik Kembali Setelah Berhasil Diet

Penulis Penulis | Ditayangkan 22 Jun 2016

 Ini Alasannya Mengapa Berat Badan Gampang Naik Kembali Setelah Berhasil Diet

Setelah berhasil menurunkan berat badan, terutama dalam jumlah banyak di waktu singkat, orang biasanya akan senang dan cenderung lupa diri. Berat badan yang turun pun akan naik kembali dengan mudahnya.

Menurut Sergio Diez Alvarez dari University of Newcastle, Australia, tubuh secara alami memang akan 'melawan' penurunan berat badan. Ini karena kondisi-kondisi yang membuat berat badan turun dianggap 'musuh', sehingga tubuh akan melakukan kompensasi agar berat badan tak turun, apalagi dalam jumlah drastis.

"Kontrol berat badan didasarkan pada keseimbangan antara konsumsi kalori masuk dan energi yang dikeluarkan, dengan pusat kendali di otak yakni di hipotalamus," papar Alvarez, seperti dikutip dari Daily Mail,.

Baca juga: Mata Merah Karena Terlalu Lama Didepan Komputer ? Coba Solusi Berikut Ini Untuk Mengtasinya .

Ia melanjutkan, hipotalamus mengintegrasikan sinyal masuk pada tubuh (seperti sinyal hormonal) dan bagian lain dari otak. Ia juga bertugas mengontrol berat badan dengan mengendalikan rasa lapar dan kenyang. Kondisi ini juga berkaitan dengan bagian lain dari otak yang mengontrol metabolisme seperti kelenjar pituitari dan sistem saraf simpatik.

"Tubuh memiliki semacam sinyal pertanda lapar untuk mencegah terjadinya penurunan berat badan ekstrem. Ketika kemudian seseorang tetap melanjutkan hingga beratnya turun, orang tersebut justru akan merasa sangat lapar untuk mengompensasi penurunan metabolisme dan energi tubuh," imbuh Alvarez.

Oleh sebab itu, ia lebih menganjurkan Anda untuk konsisten menerapkan gaya hidup sehat jika ingin menurunkan berat badan. Akan jauh lebih baik jika berat badan turun sedikit demi sedikit dalam jangka waktu lama, dibandingkan turun drastis dalam waktu singkat.

Jadi apakah ada cara untuk menurunkan berat badan tanpa berisiko mudah naik kembali? Alvarez menuturkan beberapa jenis olahraga seperti latihan angkat beban untuk mempertahankan massa otot bisa membantu.

Baca Juga : Bukti Kasih Sayang Ayah, Orang Tua Ini Membuat Gambar Tatto Yang Mirip Bekas Luka Operasi Tumor Otak Anaknya

"Namun cara ini kadang tak juga ampuh. Jadi lebih baik Anda mengombinasikan antara memilih pola makan sehat dan tetap rutin olahraga. Direkomendasikan untuk menurunkan berat badan secara bertahap, paling tidak 0,5-1 kg per pekan," pesannya.
SHARE ARTIKEL