Cara Tepat Merawat lantai Kayu Berjenis Parquet Agar tetap Awet

Penulis | Ditayangkan 14 Jun 2016
Lantai Kayu atau parquet memang banyak digemari sebab desainnya yang unik dan berbeda dari lantai kebanyakan. Selain itu, anda juga bisa menimbulkan susasana modern dengan model kayu jenis ini dan ternyata lantai jenis ini juga dapat memberi efek dingin pada rumah anda.

Cara Tepat Merawat lantai Kayu Berjenis Parquet Agar tetap Awet

BACA JUGA: Tips Ampuh Membedakan Daging Sapi Segar Dengan Daging Babi, Wajib Tahu!

Karena bahannya dari kayu dan tidak sekuat kearamik atau marmer membuatnya lebih rentan rusak dan kurang ahli dalam menghadapi kelembaban ruangan. Referensirumah.com punya tips bagaimana merawat lantai jenis parquet ini yang telah dikutip dari tipsrumah.

Lantai kayu atau parket yang berkualitas baik, umumnya sudah diberi tambahan lapisan anti air untuk menambah kekuatannya. Namun walaupun lantai parket anda sudah memiliki lapisan anti air, sebaiknya jangan pernah mengepel lantai parket dengan kain pel basah karena sedikit air saja terkurung di lapisan plywood, maka bisa melapukkan kayu.

Selain itu, dengan meningkatnya kelembaban pada lantai parket dapat menimbulkan perbedaan tekanan pada lantai yang berakibat sendi parket bisa lepas. Bila sendi sudah lepas kalau lantai diinjak akan berbunyi atau berderik.

1. Lakukan perawatan dan pembersihan harian. Gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu/kotoran di permukaan dan sela-sela lantai. Lakukan pembersihan dengan vacuum cleaner ini setiap hari. Anda juga bisa menggunakan sapu yang berbulu lembut untuk membersihkan lantai parket sebagai bagian rutinitas harian. Jangan menggunakan sapu jerami atau sapu berbahan kasar lainnya karena dapat menggores permukaan lantai parket.

2. Seka permukaannya menggunakan lap lembut. Tidak perlu dibasahi karena dapat menyebabkan permukaan kayu menjadi lembab sehingga dapat menimbulkan jamur/goresan pada kayu.

3. Apabila ada cairan yang tumpah, segera keringkan dengan spons kering atau kain lap kering. Untuk noda yang tertinggal, bisa dibersihkan dengan cairan khusus pembersih parket atau menggunakan celupkan ujung kain lap ke air panas dan gosokkan ke noda yang tertinggal. Setelah itu segera keringkan lantai parket dengan lap yang kering.

4. Lakukan pelapisan ulang (coating) setiap 2 tahun sekali agar lantai Anda tetap terlihat indah.

Tidak terlalu sulit bukan, dengan cara diatas dijamin lantai kayu anda akan tetap kinclong dan tidak rusak. Semoga bermanfaat.

SHARE ARTIKEL