Tips Ampuh Membedakan Daging Sapi Segar Dengan Daging Babi, Wajib Tahu!

Penulis Unknown | Ditayangkan 13 Jun 2016
Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah. Dengan banyaknya pembeli di bulan puasa, tak sedikit pula yang memanfaatkan bulan suci ini salah satunya dengan menjual daging babi yang mengatas namakan daging sapi.

Tips Ampuh Membedakan Daging Sapi Segar Dengan Daging Babi, Wajib Tahu!

BACA JUGA: Ternyata Motif-Motif Aksesoris Berikut Ini Dapat Memperindah Interior Rumah Anda

Padahal, daging babi bagi orang islam adalah haram atau berdosa apabila mengkonsumsinya. Tak hanya itu, daging babi juga banyak mengandung penyakit dan caacing yang sangat berbahaya apabila di konsumsi. Referensirumah.com punya tips bagaimana membedakan daging sapi asli dengan daging babi yang telah dikutip dari jhonnytips.

Daging sapi segar, sangat berbeda dengan daging abi walau tampak serupa, tapi apabila di lihat dengan seksama kita akan tahu perbedaannya. Inilah ciri-ciri daging sapi segar yang bisa anda jadikan sebagai patokan.

Warna Daging 

Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor.

Tekstur Daging 

Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar.

Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

Bau / Aroma 

Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

Tidak Berair 

Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut.

Setidaknya empat hal diatas memberi gambaran pada kita mengenai ciri-ciri daging sapi yang baik dan segar. Dan yang harus diwaspadai adalah daging celeng yang disamarkan sebagi daging sapi. Terlepas dari keyakinan umat muslim haram mengkonsumsi daging babi, namun yang jelas daging babi sangat tidak baik untuk dikonsumsi.

Berikut Cara membedakan daging sapi dengan daging babi 

Perbedaan Warna

Tips Ampuh Membedakan Daging Sapi Segar Dengan Daging Babi, Wajib Tahu!

Daging Sapi : Berwarna Merah

Daging Babi : Warna daging babi pucat

Seperti yang kita ketahui warna daging sapi sangat merah, dan ketika kita melihat daging sapi berwarna pucat sebaiknya kita hindari, ada kemungkinan itu dalah daging yang tidak segar atau itu dalah daging babi.

Perbedaan Serat

Tips Ampuh Membedakan Daging Sapi Segar Dengan Daging Babi, Wajib Tahu!

Daging Sapi : Memiliki Serat lebih kasar atau lebih nampak seratnya

Daging Babi : Memiliki tekstur serat yang tipis dan renggang

Daging sapi selain memiliki serat yang sangat terlihat jelas ketika kita tarik lebih keras dan kembali, berbeda dengan daging babi serat daging babi selain renggang, daging babi sangat mudah direnggangkan karena lebih elastis.

Perbedaan Lemak

Tips Ampuh Membedakan Daging Sapi Segar Dengan Daging Babi, Wajib Tahu!

Daging sapi : Memiliki lemak yang elastis dan agak kering

Daging Babi  : Basah dan lengket

Perbedaan terlihat pada tingkat keelastisanya, daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sedangkan lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Lemak babi sangat basah dan sulit dilepaskan. Sedangkan lemak daging sapi agak kering dan berserat

Perbedaan Aroma

Selain dari 3 hal diatas bau daging sapi aroma daging sapi anyir seperti yang kita ketahui selama ini. Dan daging babi memiliki aroma khas. Bagi orang yang tiak terbiasa sangat sulit membedakanya apalagi jika sudah dicampur darah daging sapi.

Bagaimana? tidak begitu sulit bukan? cukup dengan memperhatikan hal-hal diatas, kita dan keluarga kita akan terhindar dari dosa dan penyakit. Dan jangan lupa juga untuk melaporkan pedagang yang dirasa mencurigakan. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb