Ini Efek Buruk, Jika Anda Bekukan Es Krim Yang Sudah Lumer

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 24 Jun 2016
Ini Efek Buruk, Jika Anda Bekukan Es Krim Yang Sudah Lumer

Pernahkah anda membeli es krim dibawa pulang dan secara tidak sengaja lupa tidak segera di makan. Yah mencair deh jadinya es krim tersebut. Kemudian, Anda pun akan berpikir untuk kembali membekukan es krim tersebut. Ternyata hal itu adalah sesuatu yang salah.

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dibekukan ulang. Sayangnya es krim adalah salah satunya. Ini penyebabnya seperti dikutip dari The Kitchen.

Anda akan kehilangan udara

Hal yang membuat es krim spesial adalah udara yang terkocok ketika proses pengadukan. Udara itu akan memberi tekstur lembut dan creamy. Ketika es krim mencair, udara akan menghilang. Jadi, ketika Anda mengembalikannya ke freezer, es krim hanya akan membeku menjadi balok padat.

Baca Juga : 5 Sumber Gizi Yang Harus Dipenuhi Selama Masa Kehamilan

Es krim menjadi kasar

Pertama kali es krim membeku, kristal es yang terbentuk begitu kecil dan seragam. Sedangkan ketika dibekukan kedua kalinya, kristal es akan menjadi lebih besar dari bentuk semula. Hal inilah yang membuat timbulnya tekstur es kasar yang tidak enak.

Bisa tidak aman untuk dimakan

Seperti produk berbasis susu lainnya, jika es krim dibiarkan di suhu ruangan terlalu lama akan memunculkan bakteri berbahaya. Apalagi jika es krim cair dibiarkan berada dalam suhu hangat untuk waktu lama maka risiko bakteri tumbuh akan semakin tinggi.

Jadi sebaiknya memang es krim segera dimakan, atau jika sudah terlanjur lumer anda taruh di tempat seperti mangkuk sekalian jadi cair dan dicampur dengan buah. Untuk menambah variasinya biar tidak sia sia terbuang. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb