4 Prinsip Mudah, Jadi Orangtua Bijak

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 13 Jun 2016
Menjadi bijak bukan berarti selalu berkata ia.
Orang tua yang baik, bukan hanya dapat memenuhi apa yang dibutuhkan anak, tapi juga dapat melarang hal apa saja yang tak boleh untuk anak. Itulah orang tua yang bijak. Tapi kata itu mudah diucapkan bahkan mungkin sebagai orang tua yang telah mempunyai anak lebih dari 1, 2, ataupun 3, pada kenyataanya susah diwujudkan. Apalagi bagi orang tua baru. Orang tua baru cenderung ingin membahagiakan anak, alih alih agar anak senang, tapi itu akan membuat anak tidak mandiri.

Baca Juga : PENTING : 5 Hal ini Sangat Dibutuhkan Anak

Karena itu berperan sebagai orang tua yang bijak, haruslah dimiliki setiap orang tua. Berikut ada 4 prinsip dilansir liputan6.com, yang harus dilakukan untuk memberi perlakuan terbaik bagi anak,

1. Libatkan diri dengan anak setiap hari

Terlibat dalam kegiatan anak, akan membuat anak senang
Meski kini, baik ayah dan ibu sama-sama bekerja. Luangkan waktu sebentar saja untuk aktif terlibat dalam kegiatan anak. Misalnya temani ia belajar atau mengerjakan PR, menemani membaca buku, atau sekedar menonton televisi bersama.

2. Jangan terlalu baik

Berikan banyak uang bukan solusi
Ini yang paling banyak jadi kebingungan orangtua. Penting untuk diingat bahwa terlalu baik kepada anak malah bisa jadi bencana bagi anak di kemudian hari. Penuhi kebutuhan anak, tapi jangan terlalu memenuhi keinginan, sesuiakan juga dengan kondisi di keluarga, karena point ini akan mungkin berbeda penerapan antara orang tua satu dengan lainya.

Baca Juga : 8 TIPS Ampuh, Agar Anak Pandai Bersyukur

3. Perhatikan perilaku Anda

Jaga kerapian dan kebersihan betapapun capeknya anda
Jangan karena anda terlalu sibuk dirumah anda jadi sembrono, misal menaruh peralatan berbahaya sembarangan, atau jika anda pekerja kantoran, hal hal kecil seperti tidak meletakkan sepatu dan tas kerja pada tempatnya. Hal hal seperti ini diperhatikan dan bisa dicontoh oleh anak,maka sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk yang Anda lakukan.

4. Konsisten jalani aturan

Jangan langgar aturan yang telah dibuat.
Aturan yang telah orangtua lontarkan pantang untuk dilanggar. Karena hal ini memiliki dampak negatif pada anak, ia berpikir aturan bisa dilanggar kok. Misal anggota keluarga langsung mencuci piring masing masing setelah selesai makan, meskipun ada pembantu rumah tangga.

Menjadi orang tua yang bijak memang tidak mudah, dan dari 4 point diatas tiap orang tua pasti berbeda penerapanya karena sifat anak yang berbeda pula. Tapi pastikan kita memberikan yang terbaik untuk anak kita.

loading...