Stop, Hentikan Untuk Menggunakan Cover Mobil, Jika Mobilmu Tidak Ingin Seperti Mobil Di Foto Ini, Tragis

Penulis Penulis | Ditayangkan 18 Apr 2016

Stop, Hentikan Untuk Menggunakan Cover Mobil, Jika Mobilmu Tidak Ingin Seperti Mobil Di Foto Ini, Tragis

“Tidak baik untuk terus tutupi mobil dengan cover. Sebab, seringkali cover itu menempel dengan bodi kendaraan. Saat dilepas, akan menimbulkan bekas pada spot yang tertempel,” ungkap Supriyadi selaku Service Manager Astrido Toyota Pondok Gede.

Jangan Tutupi Mobil Kamu Terlalu Lama!

Tutupi mobil dengan cover? Hati-hati, jangan terlalu lama!
Punya mobil baru? Pasti rasanya ingin memberikan yang terbaik agar kondisi mobil tetap dalam kondisi prima, termasuk catnya. Karena itu, banyak orang yang tutupi mobil miliknya dengan cover. Namun ternyata, tindakan tersebut tidak sepenuhnya dapat melindungi cat kendaraan. Malah, tindakan yang dimaksudkan untuk melindungi justru dapat membuat cat mobil menjadi kusam.

Stop, Hentikan Untuk Menggunakan Cover Mobil, Jika Mobilmu Tidak Ingin Seperti Mobil Di Foto Ini, Tragis

Kondisi tersebut kebanyakan terjadi pada kendaraan dengan warna-warna terang, misalnya  seperti warna putih yang sempat menjadi tren beberapa tahun terakhir. Meski awalnya tak terlalu terlihat, namun lama kelamaan kemilau warna mobil dapat menjadi pudar dan kusam. Kondisi tersebut sudah tidak bisa diatasi hanya dengan mencuci mobil; dibutuhkan perawatan khusus.

Baca Juga : Khusus Ibu-ibu Berhati-hatilah Dengan Beberapa Bayi Ini


“Untuk mengatasi pudarnya warna tersebut, kita sebenarnya bisa melakukan waxing. Tapi, waxing itu tidak bisa dilakukan terus menerus. Sebab, cat mobil itu dilapisi oleh coating yang berfungsi untuk melindungi cat, sekaligus membuat warna mobil menjadi mengkilap. Waxing itu membuat coating menjadi tipis,” kata Supriyadi, Service Manager Toyota Astrido Pondok Gede.
“Bila coating sudah terlalu tipis, maka pilihan terakhir adalah dengan mengecat kembali mobil tersebut,” tambahnya.

Lantas, bagaimana cara supaya warna mobil tetap terjaga? Ternyata, mobil cukup ditempatkan pada lokasi yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung, juga hujan.

“Tapi, jangan ditempatkan di bawah pohon, sebab akan ada ranting atau buah yang jatuh dan merusak cat mobil. Letakkan saja di garasi rumah – pastikan garasi tersebut memiliki atap. Untuk penggunaan cover, sebaiknya tidak lebih dari 2 hari,” tambahnya.

Sumber : Tulisan ini diambil dari Mobil123
SHARE ARTIKEL